Cara Bikin Vagina Terasa Lebih 'Enak', Ternyata Bisa Diubah dengan Ini

ilustrasi organ intim/vagina/ keputihan
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA Lifestyle – Vagina memiliki tingkat keasaman (pH) yang bisa berubah seiring dengan gaya hidup seorang wanita. pH tersebut dapat mempengaruhi rasa vagina seperti sedikit manis hingga pahit dan asam yang merupakan rasa-rasa normal.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Ketika pH vagina mengalami gangguan, hal ini dapat menyebabkan infeksi seperti bakterial vaginosis (BV), trikomoniasis atau infeksi jamur yang dapat membuat vagina terasa tak nyaman. Dalam kondisi ini, vagina akan terasa seperti daging busuk yang mengeluarkan bau tak sedap. Scroll lebih lanjut ya.

"Jika Anda memiliki vagina yang sehat, apa pun yang Anda lakukan untuk membuat vagina Anda terasa lebih enak hanya akan memberikan efek yang sangat minimal," ujar Michael Ingber, MD, Ahli Urologi, melansir Healthline, Rabu 31 Januari 2024.

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

Ingber mengungkapkan, saat seorang wanita sedang menstruasi, darah yang keluar dapat memberikan rasa logam pada vagina. Saat wanita sedang berovulasi, keluarnya lendir serviks dapat menyebabkan rasa yang sedikit lebih musky.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari berperan penting dalam sekresi mukosa seseorang. Untuk membuat area vagina lebih bersih, sebaiknya ganti camilan dengan yang lebih sehat seperti buah-buahan. Hal ini memungkinkan untuk mengubah bau dan rasa vagina.

Belum ada penelitian yang menghubungkan jenis makanan dengan rasa vagina. Namun laporan anekdot menunjukkan bahwa makanan yang banyak dibumbui mungkin membuat vagina terasa lebih pedas. Makanan lain yang mungkin mempengaruhi rasa vagina adalah bawang putih dan bawang merah, makanan dan minuman manis, produk susu, serta daging merah.

Ilustrasi vagina

Photo :
  • Times of India

Dalam upaya membuat vagina terasa lebih segar, biasanya para wanita beralih pada pemakaian produk pembersih dengan wewangian. Namun sebenarnya, menggosok atau membasuh bagian dalam vagina dengan sabun pembersih itu tidak diperlukan. Justru, hal itu bisa menurunkan pH dan menyebabkan infeksi.

"Vagina yang sehat tidak berbau seperti bunga, dan produk apa pun yang membuatnya berbau seperti bunga kemungkinan besar akan merusak," kata Ingber.

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan vagina hingga membuatnya beraroma dan berasa lebih nikmat adalah dengan memperbanyak makan buah-buahan dan sayuran padat nutrisi. Selain itu, minum air yang cukup, tidur yang cukup, mengelola tingkat stres, dan berolahraga teratur, juga bisa berdampak baik pada kesehatan vagina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya