6 Rahasia Alami Merawat Payudara, Selain Sehat tapi Juga Bisa Bikin Kencang

ilustrasi deteksi payudara
Sumber :
  • pixabay

VIVA Lifestyle – Payudara adalah organ penting bagi wanita, baik secara fisik maupun emosional. Menjaga kesehatan dan penampilan payudara adalah hal yang penting untuk dilakukan. Tak melulu soal ukuran, payudara yang sehat dan kencang tentu menjadi idaman semua wanita.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Hal tersebut karena, memiliki payudara yang sehat bisa meningkatkan rasa percaya diri hingga membuat komposisi tubuh terlihat lebih menarik. Berikut adalah sederet rahasia merawat payudara yang perlu Anda ketahui, dilansir dari berbagai sumber;

1. Rajin Lakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

SADARI adalah pemeriksaan payudara sendiri yang dilakukan secara rutin untuk mendeteksi adanya perubahan pada payudara. Pemeriksaan ini dapat dilakukan dengan mudah dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit.

Untuk melakukannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Terungkap! SYL Juga Pakai Uang Korupsi untuk Beli Skincare Anak dan Cucu
  • Berdiri di depan cermin dengan tangan di pinggang.
  • Amati kedua payudara Anda dari depan, belakang, dan samping.
  • Cari adanya perubahan ukuran, bentuk, atau tekstur pada payudara.
  • Periksa adanya benjolan, cekungan, atau perubahan warna pada kulit payudara.
  • Ulangi langkah-langkah di atas sambil berbaring.
  • Jika Anda menemukan adanya perubahan pada payudara, segera periksakan diri ke dokter.

Ilustrasi makanan sehat

Photo :
  • Eat This

2. Jaga Pola Makan Sehat

Pola makan sehat dapat membantu menjaga kesehatan payudara secara keseluruhan. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan buah, sayur, dan biji-bijian utuh. Hindari makanan olahan, gorengan, dan manis berlebih.

Beberapa makanan yang baik untuk kesehatan payudara antara lain:

  • Buah dan sayur: Buah dan sayur mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi payudara dari kerusakan.
  • Kacang-kacangan: Kacang-kacangan mengandung protein, serat, dan lemak sehat yang dapat membantu menjaga kesehatan payudara.
  • Ikan berlemak: Ikan berlemak, seperti salmon dan tuna, mengandung omega-3 yang dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara.

3. Olahraga Teratur

Olahraga teratur dapat membantu menjaga kesehatan payudara dan tubuh secara keseluruhan. Olahraga yang baik untuk kesehatan payudara antara lain:

  • Olahraga aerobik: Olahraga aerobik, seperti berjalan, berlari, atau bersepeda, dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke payudara.
  • Latihan kekuatan: Latihan kekuatan, seperti push-up, pull-up, atau angkat beban, dapat membantu memperkuat otot-otot di sekitar payudara.

4. Gunakan Bra yang Tepat

Bra yang tepat dapat membantu menopang payudara dan mencegahnya kendur. Pilihlah bra yang sesuai dengan ukuran payudara Anda dan terbuat dari bahan yang nyaman.

Stop merokok.

Photo :
  • vstory

5. Hindari Merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Oleh karena itu, jika Anda seorang perokok, sebaiknya berhenti merokok untuk menjaga kesehatan payudara Anda.

6. Istirahat yang Cukup

Tubuh butuh istriahat untuk memulihkan diri, pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup setiap malam. Saat tidur, hormon-hormon tubuh bekerja untuk memperbaiki sel-sel, termasuk sel-sel payudara.

Selain tips-tips di atas, Anda juga dapat melakukan perawatan payudara di rumah dengan menggunakan produk-produk alami, seperti minyak zaitun, minyak almond, atau lidah buaya. Produk-produk alami ini dapat membantu melembapkan kulit payudara dan menjaganya tetap kencang.

Namun, jika Anda memiliki masalah payudara tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya