Inilah Waktu yang Paling Tepat Pakai Pelembap untuk Atasi Kulit Kering

Ilustrasi jerawat/kulit kering berjerawat.
Sumber :
  • Freepik

JAKARTA Kulit kering menjadi awal terbentuknya masalah kulit yang lain seperti kusam, gatal, bersisik, hingga mudah terinfeksi. Dari penampakannya saja, kulit kering membuat penampilan kurang menyenangkan karena biasanya disertai kemerahan hingga pengelupasan.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Ada banyak penyebab kondisi kulit jadi kering, di antaranya adalah cuaca terlalu dingin dan terlalu panas, paparan sinar matahari, penggunaan produk sabun yang keras, hingga terlalu sering mandi. Oleh sebab itu, penggunaan pelembap sangat disarankan untuk menjaga elastisitas kulit terutama permukaan kulit paling luar yang pertama kali terdampak oleh kotoran dan bakteri.

Memakai pelembap juga ada cara tersendiri yang menjadikannya tahan lama dan bekerja secara maksimal. Usahakan memakai pelembap atau losion sesegera mungkin setelah mandi, sekitar jangka waktu 5 menit. Jadi, ketika tubuh masih terasa setengah basah usai dikeringkan dengan handuk, itulah waktu yang paling tepat untuk memakai pelembap.

Pendingin Udara Ini Bisa Mendeteksi Pergerakan Manusia

"Waktu yang tepat habis mandi, jangan terlalu kering, langsung pakai pelembap. Jadi bukan saat adan sudah kering, tetapi saat masih agak basah," ujar dr. Ricky Maharis, Dermatologist, saat ditemui di Senayan, Jakarta, Rabu 31 Januari 2024.

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Ahli kesehatan kulit tersebut mengungkapkan bahwa penggunaan pelembap sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit terutama produk-produk dengan kandungan ceramide. Kandungan ceramide itu akan menjadi benteng pertahanan kulit terluar yang fungsinya memaksimalkan kerja ceramide alami yang dikeluarkan oleh kulit.

Tetapi, perlu diingat ada bagian-bagian tubuh tertentu yang sebaiknya tidak diberikan pelembap seperti area lipatan yang punya kelenjar minyak lebih banyak dibandingkan area yang datar.

"Tapi perlu diingat, di bagian ketiak, lipat paha, dan bokong, itu kan suka terlalu lembap dan tumbuh jamur. Sebaiknya daerah itu dikecualikan," ujarnya.

"Saya tidak menyarankan karena di bagian lipatan sudah ada sel minyak yang lebih banyak dan nggak boleh keadaannya terlalu lembap karena bakteri lebih suka. Jadi, bakteri dan jamur akan tumbuh, sehingga bisa sebabkan infeksi," jelas dr. Ricky.

Selain bagian-bagian itu, ada juga bagian selangkangan yang rentan alami gesekan ketika dipakai berjalan. Untuk itu, dr. Ricky menyarankan pemakaian pelembap secukupnya agar ketika ada gesekan kulit jadi tidak mudah kering.

"Tapi kalau selangkangan atau lipat paha sudah sampai terkelupas dan gatal, biasanya dicek dulu itu jamur atau bukan. Kalau jamur langsung diobati dulu dengan obat jamur. Kalau dipakaikan pelembap jadi memperparah," kata dr. Ricky.

dr. Ricky Maharis

Photo :
  • VIVA.co.id/Rizkya Fajarani Bahar
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya