Selama Puasa Dilarang Pakai Skincare dengan Bahan Ini, Kenapa?

Ilustrasi lotion/pelembap/skincare.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

JAKARTA – Puasa memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Dengan berpuasa selama kurang lebih 14 jam lamanya, dapat menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, hingga mengurangi kerusakan akibat radikal bebas atau detoksifikasi.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Namun tidak bisa dipungkiri tidak adanya asupan air selama berpuasa 14 jam dapat membuat kulit semakin kering. Sebab ketika berpuasa, asupan cairan akan berkurang karena tubuh menyerap kelembapan di kulit untuk memenuhi cairan tubuh. Scroll lebih lanjut ya.

“Prinsipnya berpuasa membuat kita sehat. Namun tidak dipungkiri (mereka yang punya) kulit semakin kering,” kata spesialis dermatologi dan venereologi, dr. Kardiana Dewi, SpDVE FINSDV dalam acara Press conference Evolution of ANESSA “The Ultimate Day to Night Protection With Our New Suncare Habit’ di Park Hyatt Hotel Jakarta Pusat, Jumat 29 Maret 2024.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Lebih lanjut diungkap oleh Kardiana, selama berpuasa masyarakat diharapkan untuk tetap rutin melakukan perawatan kulit alias skincare. Dijelaskannya minimal menggunakan pelembap dan sunscreen

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

“Saat kita berpuasa jangan lupa melakukan skincare tetap yang rutin. Minimal yang simpel kalau malas pelembap nomor satu, sunscreen dipakai. Kalau punya tambahan  serum boleh,” sambungnya.

Kardiana menjelaskan, bagi mereka yang memiliki kulit kering untuk menghindari skincare yang mengandung acid. Sebab kandungan tersebut malah membuat kulit menjadi iritasi. 

“Tapi kalau kita tau kulit kita kering hindari pakai bahan yang mengandung acid, retinol, AHA, BHA itu kita kurangi selama puasa kalau kulit kita kering. Karena takutnya bisa membuat kulit jadi iritasi. Tapi kalau lagi tidak ada apa-apa silahkan saja,” jelasnya. 

Diungkap Kardiana bahan aktif seperti retinol pada kulit kering selama puasa juga membuat kulit semakin kering.

“Menggunakan bahan aktif seperti chemical yang mengglowingkan kulit maka biasanya pakai retinol, fungsi regenerasi cepat membuang sel kulit. Hal tersebut impact bikin kulit kering,” ujarnya.

ilustrasi memulas kulit dengan kapas/ kulit kering

Photo :
  • pixabay/shc9607

Dia menambahkan,” Pakai acid itu jangan lupa pakai pelembap yang lebih rajin. Kalau malas skincare basic pelembap aja dulu,” kata Kardiana. 

Untuk perawatan kulit selama bulan Ramadhan, Kardiana mengungkap penting mengadopsi pola hidup sehat rajin membersihkan muka. Menggunakan pelembap dan sunscreen.

“Cuman yang perlu diperhatikan kalau puasa healthy lifestyle, cuci muka, pakai pelembap, sunscreen dan malam juga kalau mager pelembap tetap dipakai di malam hari,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya