Ibu Hamil Konsumsi Air Kelapa Hijau Bikin Bayi Lahir Bersih, Benarkah?

Air kelapa.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Kelapa hijau selalu menjadi pilihan jitu saat haus melanda, terlebih di tengah cuaca panas dan terik. Banyak masyarakat yang meyakini bahwa manfaat kelapa hijau bukan hanya menyegarkan tubuh dan pereda haus, namun ada manfaat lain.

Denise Chariesta Jatuh Saat Hamil Tua, Sedih Gegara Air Ketuban Janin Bermasalah

Kelapa hijau diyakini dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti anti radang, menetralisir racun hingga meredakan gejala alergi. Yang tak kalah menarik, dikatakan bahwa konsumsi air kelapa hijau pada ibu hamil mampu membuat bayi lahir dengan kulit yang bersih, benarkah demikian?

Spesialis Farmakologi Klinik, dr Tulus Satriasih SpFK membenarkan hal itu. Menurutnya air kelapa hijau punya kandungan yang baik bagi wanita hamil.

5 Fakta Ibu Hamil Meninggal Dunia Usai Ditelantarkan Petugas Puskesmas

"Fakta, air kelapa hijau memang dapat menjaga kesehatan terutama ibu hamil. Karena fungsinya bisa jernihkan air ketuban. Hal itu karena kelapa hijau mengandung elektrolit tinggi. Tapi kalau air kelapa bisa bikin bayi lahir bersih, itu mitos," ujarnya dalam tayangan Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne Selasa 9 April 2019.

Lebih lanjut ia menyebut meskipun bermanfaat bagi tubuh, sebaiknya air kelapa tidak dikonsumsi berlebihan.

Ria Ricis Ungkap Alasan Melahirkan Caesar, Air Ketuban Berkurang

"Dianjurkan dalam sehari 1-2 gelas saja. Karena kandungan kalium yang tinggi bisa menyebabkan irama jantung ibu hamil tidak stabil," ujarnya. (ldp)

Ilustrasi anak dan ibu

5 Air Ibu yang Tidak Bisa Dibalas dan Digantikan dengan Apapun

Ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif PBNU Muhammad Ali Ramdhani mengatakan bahwa setidaknya ada 5 air yang dihasilkan oleh ibu yang tak bisa digantikan oleh apapun di dunia.

img_title
VIVA.co.id
11 Oktober 2023