5 Manfaat Air Kelapa, Nomor 3 Bikin Penasaran Hasilnya

Minum air kelapa muda.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Air kelapa merupakan minuman elektrolit alami dengan rasa manis yang menyegarkan tubuh. Biasanya seseorang mengonsumsi air kelapa secara langsung atau bersama kelapa muda.

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Agar mendapatkan khasiatnya, kurangi penggunaan gula, sirup, dan bahan-bahan tambahan lainnya. Ya, memang lebih nikmat menikmati air kelapa tanpa campuran cairan apapun.

Ternyata, di balik manis alami air kelapa, tersimpan berbagai manfaat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan tubuh. Apa saja ya? Berikut rangkumannya:

Air Kelapa Vs Air Lemon, Mana yang Lebih Banyak Manfaatnya untuk Tubuh?

Atasi Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan penyakit yang sering diderita kaum pria. Gejalanya berupa penyumbatan di saluran kemih, yang membuat penderitanya merasa sakit saat buang air kencing.

9 Manfaat Air Kelapa: Kelebihan di Setiap Tetesannya

Zat elektrolit yang terkandung dalam air kelapa dipercaya memainkan peran penting terkait alkali urine. Air kelapa juga meningkatkan kadar sitrat urine, senyawa yang membantu untuk mencegah pembentukan batu ginjal.

Mengontrol Tekanan Darah

Air kelapa mengandung karbohidrat, air, protein dan lemak dibawah 1 persen serta vitamin serta mineral. Manfaat kalium dalam air kelapa dapat mengatur volume darah, mencegah dehidrasi, mengembalikan ion tubuh, serta menjaga kesehatan jantung.

Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, tidak ada salahnya meminum air kelapa. Air kelapa rendah kalori, mudah dicerna, dan meningkatkan metabolisme tubuh. Sekedar info, semakin tinggi tingkat metabolisme, semakin banyak lemak yang dibakar.

Menetralisir Racun Dalam Tubuh

Jangan panik ketika Anda keracunan makanan. Anda bisa meminum air kelapa yang mengandung jumlah elektrolit lebih banyak daripada air putih sehingga dapat mempercepat pemulihan. Selain itu, berbagai kandungan zat dalam air kelapa dapat membantu proses detoksifikasi untuk membuang racun dalam saluran pencernaan makanan.

Menjernihkan Air Ketuban

Untuk para ibu hamil sangat disarankan minum air kelapa. Air kelapa yang dikonsumsi oleh ibu hamil juga dapat membuat air ketuban menjadi bersih dan jernih. Hal ini karena elektrolit dan antioksidan yang ada pada air kelapa juga mampu menyerap lendir dan kotoran yang ada dalam air ketuban

Adapun waktu yang tepat untuk mengonsumsi air kelapa sebaiknya di pagi hari sebelum sarapan. Lalu, sebelum dan setelah berolahraga untuk menghindari dehidrasi. Kemudian, sebelum makan, sebelum tidur dan sebagai obat saat mabuk. Selamat mencoba, ya!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya