Andien Tidur dengan Mulut Diplester, Apa Sih Manfaatnya?

Andien
Sumber :
  • VIVA/Maria Margaretha Delviera

VIVA – Beberapa waktu lalu penyanyi Andien Aisyah memposting foto yang bikin geger warganet. Dirinya menutup mulutnya dengan plester. Bukan cuma dirinya, Andien juga mengajak sang suami bahkan buah hatinya Kawa yang masih berusia balita ikut diplester mulutnya saat sedang lelap tertidur.

Gak Cuma Pola Hidup Sehat, Andien Anggap Olahraga Sebagai Cara Ekspresikan Diri

Foto tersebut diposting di akun insta story-nya dengan judul 'Nose Breathing', dalam postingan tersebut Andien meyakini bahwa kegiatan itu bisa membawa manfaat bagi kesehatan.

"Udah selama beberapa bulan terakhir kita kalau tidur diplester. Awalnya waktu itu sempe pas Rigpa lagi nginep di rumah, aku bertanya-tanya kenapa mulutnya diplester.

Andien Ajak Anak Berhemat Air Lewat Dongeng

Aku sempat sih denger dari salah satu guruku mengenai ketika tidur, enakan mulutnya diplester. Tapi waktu itu aku nggak nanggapi serius," tulis Andien di postingan insta story.

Lebih lanjut, Andien juga menjelaskan alasan dirinya memplester mulut saat tidur, demi alasan kesehatan. Aktivitas yang dilakukannya disebut dengan Buteyko. Cara ini sejenis terapi bernapas hanya dengan hidung. Cara ini diyakini Andien mampu memperbaiki kualitas kesehatannya.

5 Bahaya Menggunakan Plester Mulut saat Tidur

Lalu, apa sih manfaatnya bernapas dengan hidung saja? Dilansir laman timesnownews, Buteyko adalah salah satu teknik pernapasan yang terfokus pada bernapas lewat hidung daripada mulut. Beberapa penelitian menyebut bahwa bernapas lewat hidung salah satunya dapat mempertajam memori dan memperbaiki paru-paru. 

Melihat bagaimana cara kita bernapas juga bisa mengindikasikan kesehatan kita. Jurnal medis JNeurosci juga menyebut bahwa bernapas lewat hidung dapat mengontrol udara yang memasuki saluran udara yang menyempit tersebut dengan pelan-pelan. 

Hal ini dilakukan karena jika Anda berusaha menghirup udara sebanyak-banyaknya seperti ketika penderita asma yang mengalami kekambuhan, ternyata saluran pernapasan Anda akan tertutup dan membuat Anda semakin sulit untuk bernapas.

Demikian yang diyakini Andien. ia menjelaskan bahwa lewat workshop yang ia ikuti bersama mentor buteyko-nya @gobinvasdev, Andien mengutarakan bahwa selama ini ada 200 penyakit kronis yang disebabkan oleh kesalahan cara bernapas.

Banyak yang menentang juga mendukung apa yang Andien lakukan, namun terlepas dari semua itu, kondisi tidur dan kesehatan setiap orang berbeda-beda. 

Jika Anda mengalami gangguan tidur seperti mengorok atau tidur dengan mulut terbuka, dilansir laman Web MD, hal itu bisa diindikasikan masalah Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT). Jika Anda ingin menerapkan tidur dengan mulut diplester, sebaiknya pastikan dahulu kondisi Anda dan konsutasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.(nda)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya