Mengungkap Khasiat Buah Plum dan Tempuyung

Plum Hitam
Sumber :
  • Viva.co.id/Anisa W

VIVA – Buah plum tergolong masih baru dan belum familiar di telinga masyarakat. Namun, seiring santernya kabar mengenai khasiat buah plum yang bisa menurunkan berat badan, kini buah plum banyak diburu oleh banyak orang.

Tertulis di Alquran, 6 Buah Ini Punya Khasiat Luar Biasa untuk Singkirkan Penyakit

Kandungan antioksidan pada buah plum dinilai cukup tinggi dan baik untuk menangkal radikal bebas. Selain menurunkan berat badan, buah satu ini juga baik untuk menjaga kesehatan mata dan saraf.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai manfaat buah plum dan cara mengonsumsi agar mendapatkan manfaatnya, Spesialis Gizi Klinis, dr. Marya Haryono, Sp.GK, akan mengupas tuntas tentang buah plum pada tayangan Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne, Jumat 1 November 2019.

7 Buah Kering Kaya Vitamin D, Cocok Buat Stok Camilan Sehat di Rumah

Selain itu ada tempuyung. Di antara jenis tanaman hijau, tempuyung banyak digunakan sebagai lalapan. Selain dikonsumsi daunnya, rebusan air tempuyung ternyata baik untuk membantu menghancurkan batu ginjal.

Tidak hanya itu, selain menjadi peluruh batu ginjal, tempuyung juga digadang-gadang dapat mengobati penyakit diabetes dan asam urat. Tapi, benarkah demikian? Apa saja fakta dan mitos yang menyelimutinya?

Wah, Konsumsi 5 Buah Ini Bisa Bikin Kamu Bahagia

Untuk mengetahui lebih jelas, dr. Wawaimuli Arozal M.Biomed, Phd, akan membahasnya lebih detail pada tayangan yang sama.

Terakhir ada batu empedu. Empedu adalah organ yang bertugas memproduksi dan menyimpan cairan empedu yang berperan penting dalam proses pencernaan manusia, seperti kolesterol.

Batu empedu terjadi akibat endapan kolesterol yang mengeras. Gejala batu ginjal hampir menyerupai maag. Penderitanya akan merasakan sakit perut, meningkatnya asam lambung dan panas pada bagian tenggorokan.

Untuk itu, penderita batu empedu harus menjaga pola makan dan dilarang mengonsumsi makanan berlemak. Selain makanan, wanita bertubuh subur juga berisiko tinggi terkena penyakit batu empedu.

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai batu empedu ini, dr. Gerie Amarendra, SpPD-KGEH, juga akan membahasnya pada tayangan yang sama. Ayo Hidup Sehat (AHS) bisa kamu saksikan pada pukul 13.00-14.00 WIB di tvOne.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya