Wah, Konsumsi 5 Buah Ini Bisa Bikin Kamu Bahagia

Ilustrasi wanita/bahagia.
Sumber :
  • Freepik/senivpetro

VIVA Lifestyle – Manusia memproduksi sejumlah hormon untuk tubuh. Salah satunya adalah serotonin yang berfungsi membawa pesan antar sel dalam otak.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Dilansir dari Health Line, penelitian menunjukkan bahwa kadar serotonin dapat berpengaruh pada suasana hati dan perilaku sehingga bisa membuat seseorang menjadi bahagia.

Hormon ini dapat mempengaruhi seluruh tubuh serta memungkinkan sel-sel otak dan sistem saraf untuk berkomunikasi satu sama lain. Serotonin juga terkait dengan tidur, makan, pencernaan.

Gak Nyangka, Ternyata Gen Z Punya Karakter Mulia Ini

Ilustrasi Tidur

Photo :
  • Unsplash

Beberapa suplemen yang mengandung asam amino triptofan — yang disatukan dari triptofan. Namun jika kamu ingin meningkatkan kadar serotonin secara alami, tentu juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung triptofan.

Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri

Diketahui bahwa penipisan triptofan mengacu pada gangguan suasana hati seperti depresi dan kecemasan. Studi juga menunjukkan bahwa saat mengikuti diet rendah triptofan, kadar serotonin otak menurun. 

Ada banyak makanan yang kaya akan serotonin antara lain tahu, salmon, dan telur. Namun berbagai buah pun ada yang bisa meningkatkan serotonin berdasarkan laman v8juice

Gambar buah nanas.

Photo :
  • U-Report

Nanas mengandung protein bromelain yang hadir dengan sifat anti-infalamasi kuat. Kandungan tersebut juga penuh dengan triptofan untuk lonjakan produksi serotonin yang sehat. 

Pisang

Photo :
  • Eat This

Tidak seperti buah lainnya, serotonin yang ditemukan dalam pisang tidak melewati penghalang antara darah dan otak, yang berarti ia tidak dapat masuk ke otak melengkapi serotonin yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Tapi pisang bisa memberikan serotonin tambahan. 

Buah kiwi

Photo :
  • Times of India

Kiwi memiliki banyak serotonin dan antioksidan, keduanya dapat meningkatkan kualitas tidur bisa dimakan sebelum tidur siang. Makan kiwi secara teratur dapat menambah kadar serotonin. Disarankan makan dua buah kiwi sehari benar-benar mampu meningkatkan mood dan lebih tanah terhadap depresi menurut penelitian dari University of Otago, Christchurch di Selandia Baru.

Buah plum.

Photo :
  • U-Report

Buah plum segar mengandung sekitar lima mikrogram serotonin per gram. Selain itu, plum adalah sumber vitamin C baik sehingga bisa menjadi penguat sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa tambahkan buah plum ke salad untuk menambahkan beberapa serotonin ekstra ke dalam menu diet.

Tomat

Photo :
  • Pixabay

Tomat kaya akan peningkat suasana hati seperti folat dan magnesium — keduanya bisa mengobati depresi. Ia juga mengandung zat besi, triptofan, dan vitamin B6 yang merupakan bahan utama yang dibutuhkan otak untuk menghasilkan hormon serotonin, dopamin, dan norepinefrin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya