Ngaku Tak Pernah ke Wuhan, Pria Ini Tulari Corona Ke-7 Sahabatnya

Perawat sedang menangani korban virus corona.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Seorang pria yang baru-baru ini kembali dari Wuhan ke rumahnya di Fujian berbohong riwayat perjalanannya. Dalam prosesnya, ia mengekspos virus corona ke lebih dari 4.000 orang. 

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

Seperti dilansir dari World of Buzz, pria itu berbohong, mengatakan bahwa dia telah kembali dari Filipina pada akhir Januari. Padahal dia sebenarnya telah melakukan perjalanan ke Wuhan pada akhir Januari 2020.

Ketika dia kembali, dia tidak mengkarantina dirinya sendiri. Alih-allih mengkarantina ia benar-benar pergi untuk menghadiri dua jamuan makan dengan lebih dari 4.000 orang. Dia pergi ke satu jamuan makan yang memiliki lebih dari 3.000 orang setelah kembali ke rumah pada 21 Januari. Ada juga 10 tamu Taiwan yang hadir pada saat itu.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Pada 23 Januari, lelaki itu merasa tidak sehat sehingga ia pergi ke apotek setempat untuk mendapatkan obat. Keesokan harinya, ia menghadiri pesta pernikahan dan ada lebih dari 1.000 tamu di sana.

Dia dinyatakan positif terkena virus corona pada 28 Januari, tetapi pada saat itu, dia sudah menginfeksi 7 sahabat dan kerabat lainnya dengan virus tersebut karena mereka juga didiagnosis mengidapnya.

Ini Alasan Mengapa Kasus Virus COVID-19 Melonjak Tinggi di Singapura Hingga 22 Ribu Kasus

Sebuah pemberitahuan telah dikeluarkan oleh pihak berwenang, meminta siapa pun yang telah menghadiri dua jamuan makan, termasuk staf venue, segera mengkarantina diri di rumah selama 14 hari. 

Pengadilan Tinggi Provinsi Heilongjiang mengeluarkan pemberitahuan pada 4 Februari, yang mengatakan bahwa penularan patogen virus Wuhan yang disengaja bisa diganjar  hukuman mati. 

Ilustrasi COVID-19/Virus Corona.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Kasus konfirmasi positif COVID-19 di DKI Jakarta kembali meningkat. Per Rabu 13 Desember 2023 tercatat ada sebanyak 131 kasus baru sehingga total kasus aktif 365 kasus.

img_title
VIVA.co.id
13 Desember 2023