Selain Avigan dan Klorokuin, Ini Obat yang Berpotensi Sembuhkan Corona

Ilustrasi vitamin/obat.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Presiden Joko Widodo telah memesan obat untuk penyembuhan virus corona atau COVID-19. Obat ini disebut sudah digunakan di beberapa negara.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

"Pemerintah juga menyiapkan obat dari hasil riset dan pengalaman beberapa negara, agar bisa digunakan untuk mengobati COVID-19 sesuai resep dokter. Obat tersebut akan sampai pada pasien yang membutuhkan, melalui dokter keliling dari rumah ke rumah, melalui RS dan puskesmas di kawasan yang terinfeksi," kata Jokowi, Jumat, 20 Maret 2020.

Ada pun obat tersebut antara lain ialah obat flu avigan dan juga obat malaria klorokuin. Namun, sebenarnya ada beberapa obat lainnya yang berpotensi untuk mengobati virus corona. Berikut di antaranya dilansir dari laman The Guardian.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Obat anti-flu: Avigan

Obat flu Jepang, yang dibuat oleh anak perusahaan Fujifilm, telah menciptakan kegemparan. Sebuah uji coba China pada 340 orang menunjukkan bahwa virus corona cenderung bisa hilang dalam empat hari pada mereka yang menerima obat, dibandingkan 11 hari pada mereka yang tidak menggunakan obat itu.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Pemindaian dada mendukung temuan tersebut, mengungkapkan lebih sedikit kerusakan pada mereka yang menggunakan obat. Tetapi obat antivirus ini mungkin perlu diberikan sebelum tingkat virus memuncak dalam tubuh. 

Seorang pejabat kesehatan Jepang mengatakan bahwa obat itu tampaknya tidak bekerja dengan baik pada orang yang sakit parah, di mana virus memiliki lebih banyak waktu untuk mereplikasi.

Obat anti-malaria: Klorokuin

Klorokuin adalah obat murah yang tersedia luas dan telah secara rutin digunakan sejak tahun 1945 melawan malaria dan kondisi lainnya. Obat ini dapat dengan aman dikonsumsi oleh wanita hamil dan anak-anak.

Penelitian laboratorium menemukan obat antivirus tersebut efektif melawan virus corona. Hasil penelitian kecil Prancis pada 24 pasien, yang diumumkan minggu ini, diketahui bahwa obat ini dapat mempercepat pemulihan.

Klorokuin dan obat terkait, hydroxychloroquine, merupakan salah satu obat di antara empat perawatan yang diuji dalam uji klinis internasional, yang diumumkan baru-baru ini oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Obat pengobatan HIV: Kaletra

Kaletra adalah kombinasi dari dua obat antivirus, Lopinavir dan Ritonavir, yang biasanya digunakan untuk mengobati HIV. Menurut penelitian laboratorium, obat ini menjanjikan sebagai pengobatan COVID-19 yang potensial.

Namun, harapan ini mengalami kemunduran yang signifikan minggu ini dengan salah satu studi utama pertama dari 200 pasien yang sakit parah di China tidak menemukan manfaatnya.

Meski demikian, studi ini bukan akhir dari segalanya. Ada kemungkinan bahwa obat itu bisa efektif jika diberikan sebelumnya, atau untuk pasien yang sakit parah. WHO telah memasukkan Kaletra dalam uji coba multi-negara besar yang diluncurkan minggu ini.

Obat Ebola: Remdesivir

Remdesivir awalnya dikembangkan sebagai pengobatan Ebola, tetapi obat ini telah muncul sebagai pelopor di antara obat antivirus potensial untuk memerangi COVID-19. Antusiasme datang dari studi yang menunjukkan bahwa obat ini bekerja melawan SARS dan MERS, dua virus corona lain yang lebih mematikan, tetapi kurang menular.

Obat ini bekerja dengan mematikan kemampuan virus untuk mereplikasi dirinya di dalam sel. Salah satu alasan untuk berhati-hati adalah bahwa data awal menunjukkan orang mungkin sudah memiliki tingkat virus yang tinggi ketika mereka mulai menunjukkan gejala.

Beberapa uji coba sedang dilakukan untuk mengevaluasi Remdesivir di China, AS dan Asia, dengan hasil pertama yang jatuh tempo pada bulan April.

Terapi antibodi

Para dokter di China telah merawat beberapa pasien yang sakit kritis dengan plasma darah dari pasien yang pulih. Pendekatan ini berawal dari pandemi flu Spanyol tahun 1918. Logikanya adalah bahwa darah harus mengandung antibodi untuk membantu melawan infeksi.

Sejumlah tim, termasuk perusahaan AS, Regeneron, sedang mengerjakan terapi serum yang setara dengan teknologi tinggi. Jika berhasil, terapi antibodi dapat digunakan sebagai pengobatan dan profilaksis untuk melindungi petugas kesehatan dan kelompok berisiko tinggi lainnya.

Interferon beta

Perusahaan biotek Inggris, Synairgen telah diberi persetujuan jalur cepat untuk menguji coba obat penyakit paru-paru pada penderita COVID-19. Senyawa interferon beta, membentuk bagian dari sistem pertahanan alami paru-paru terhadap virus. Pada awalnya, obat ini dikembangkan untuk pasien dengan gangguan paru obstruktif kronis, atau COPD.

Harapannya adalah pemberian interferon beta meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan virus, terutama pada mereka yang memiliki sistem kekebalan yang melemah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya