Berjemur Pagi Hari Bisa Tingkatkan Imunitas Anak Lawan Virus Corona

Ilustrasi ayah dan anak.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Berjemur di bawah paparan sinar matahari langsung sudah terbukti baik untuk kesehatan tubuh. Sama halnya untuk anak-anak yang masih di tahap tumbuh kembang, berjemur dapat meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan serangan beragam jenis virus termasuk virus corona jenis baru atau COVID-19.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Indonesia memiliki iklim dan cuaca tropis yang sangat menguntungkan bagi tubuh. Meski masih memasuki musim hujan, namun bukan berarti matahari tak nampak sedikit pun. Hal ini yang harus dimanfaatkan oleh para orangtua.

"Beruntung kita hidup di negara tropis, dan vitamin D disediakan Tuhan Yang Maha Kuasa, cukup berjemur 5-10 menit antara jam 9-11 pagi untuk anak-anak," ujar Konsultan Tumbuh Kembang - Pediatri Sosial, Dr dr Hartono Gunardi, SpA(K), beberapa waktu lalu.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Bicara mengenai vitamin D, penting bagi anak untuk mendapatkannya agar tubuh mampu memperkuat sistem pernapasan dengan meningkatkan kinerja sistem imunitas. Jadi, Ayah dan Bunda harus sesekali menjemur si kecil agar daya tahan tubuh baik, ya.

"Vitamin yang berguna terhadap serangan virus ini adalah vitamin A, berguna untuk sel pembentukan di saluran pernapasan agar tidak mudah terinfeksi, vitamin D berguna meningkatkan daya tahan di tubuh," ujar Hartono yang juga Ketua Bidang I PP IDAI ini.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Sumber vitamin lainnya bisa didapatkan melalui sayur dan buah. Selain itu, anak tetap memerlukan sumber gizi seimbang seperti protein dan kalori yang cukup. Juga harus beristirahat dengan durasi yang tepat sesuai usia agar tubuhnya bisa memperkual sel-selnya kembali. 

"Vitamin A dari sayur dan buah berwarna kemerahan seperti wortel , tomat, dan bit. Vitamin C ada di semua buah dan sayur," terangnya.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Bawaslu RI mengatakan bahwa Pilkada Serentak 2024 berbeda dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan penyelenggaraan pilkada serentak sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024