Kalbe Gelontorkan Rp25 Miliar untuk APD hingga Lab Tes COVID-19

Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok

VIVA – Pemerintah saat ini tengah menyiapkan dana untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis dalam melawan virus corona jenis baru atau COVID-19. Berbagai pihak mulai dari masyarakat umum, tokoh publik, hingga perusahaan swasta pun turut memberikan bantuan, salah satunya Kalbe.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) turut berpartisipasi dalam menangani wabah COVID-19. Hal ini dilakukan dengan memberikan bantuan obat-obatan, multivitamin, suplemen kesehatan, produk nutrisi, masker, APD (alat pelindung diri) bagi tenaga kesehatan, hand sanitizer, dan alat kesehatan lainnya.

Pihaknya juga bersiap untuk melakukan pemeriksaan COVID-19 melalui jaringan laboratorium milik Kalbe. Jumlah anggaran yang sudah disiapkan untuk bantuan tersebut senilai Rp25 miliar yang telah dilakukan secara bertahap sejak minggu lalu.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

“Bantuan akan diberikan terus secara bertahap melalui instansi pemerintah dan bantuan langsung kepada berbagai komunitas masyakarat yang membutuhkan,” kata Vidjongtius, Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk., dalam siaran pers, dikutip pada Selasa, 24 Maret 2020.

Bantuan diberikan kepada berbagai institusi kesehatan di masyarakat seperti rumah sakit (RS), Lembaga Penelitian Eijkman, berbagai kantor, dan komunitas-komunitas masyarakat. Bantuan kesehatan lainnya juga diberikan secara langsung atau melalui Kementerian Kesehatan, Badan POM, dan Pemerintah Daerah. 

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Adapun jenis bantuan obat-obatan, multivitamin berupa Starmuno, Elanos, Bejo Jahe Merah, Xonce, Fatigon, H2 Cordicept, dan lainnya, serta hand sanitizer E-Care telah disalurkan ke beberapa rumah sakit antara lain RSPAD Jakarta, RSPI Sulianti Saroso, RS Persahabatan Jakarta, dan melalui Dinas Kesehatan Pemprov DKI yang akan disalurkan ke RSUD Tarakan, RSUD Duren Sawit, RSUD Cengkareng, dan RSUD Pasar Minggu.

Kalbe juga sedang menyiapkan 1.000.000 masker, alat pelindung diri (APD), Rapid Test Kits dan 500.000 produk nutrisi untuk tenaga kesehatan. Selain itu, Kalbe sedang menyiapkan laboratorium untuk masuk ke jejaring laboratorium yang disetujui oleh Kementerian Kesehatan dalam pemeriksaan virus COVID-19 dengan metode PCR. Melalui KlikDokter, Kalbe juga menyiapkan layanan konsultasi gratis terkait virus corona serta menyediakan layanan fitur pemeriksaan mandiri COVID-19.

Diketahui saat ini kasus positif COVID-19 di Indonesia sudah menembus angka 579 pasien dengan kasus kematian sebanyak 49 jiwa. Pemerintah kian gencar untuk melawan COVID-19 dengan membeli Rapid Test sebagai bentuk deteksi dini massal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya