Pandemi Corona, Perlukah Disinfeksi Paket Belanja yang Dibeli Online?

Ilustrasi belanja/sale.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Menjaga kebersihan menjadi hal utama untuk menghindari penularan virus corona atau COVID-19. Selain rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir, kita juga harus memerhatikan kebersihan lainnya, termasuk barang-barang yang akan kita gunakan.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Selama kita berada di rumah, membeli produk secara online seringkali kita lakukan. Namun timbul kekhawatiran, apakah kemasan produk dan paket yang berasal dari luar, aman dari virus? Perlukah kita membersihkan atau mensterilkan barang-barang tersebut?

Dilansir Times of India, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus corona dapat bertahan di berbagai permukaan dan tidak pasti berapa lama virus corona baru (SARS-CoV-2) bertahan pada berbagai permukaan. Hasil penelitian menyebutkan, virus corona dapat menempel di permukaan selama beberapa jam hingga beberapa hari.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Pertanyaannya, apakah kita harus membersihkan permukaan paket yang datang dari luar rumah? Untuk menjawabnya, WHO telah menyarankan untuk membersihkan permukaan dengan disinfektan sederhana dan mencuci tangan kamu dengan sabun dan air selama minimal 20 detik atau membersihkannya dengan hand sanitizer berbasis alkohol.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika kamu berpikir suatu permukaan kemungkinan terdapat virus?

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), mungkin saja seseorang bisa terjangkit COVID-19 dengan menyentuh permukaan atau objek yang terdapat virus di atasnya, kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata, tetapi ini tidak dianggap sebagai cara utama penyebaran virus. 

Oleh karena itu, mengambil tindakan pencegahan dan ekstra hati-hati dengan membersihkan dan mendisinfeksi barang apapun yang dibawa ke dalam rumah sangat penting dilakukan. Berikut beberapa hal yang bisa kamu terapkan.

1. Pastikan untuk memilih pengiriman tanpa kontak. Kamu juga dapat memilih untuk memakai masker dan sarung tangan jika tidak ada pilihan pengiriman tanpa kontak atau minta paket diletakkan saja. 

2. Buang kemasan luar barang atau produk sebelum masuk rumah

3. Tempatkan semua paket dan wadah di lantai atau wastafel, bukan di meja. Bersihkan lantai dan wastafel dengan disinfektan sesudahnya.

4. Buang semua kantung pengiriman, kotak dan wadah, setelah memindahkan barang ke tempat masing-masing.

5. Bersihkan permukaan kemasan dengan disinfektan sederhana dan biarkan kering

6. Cuci tangan kamu dengan sabun dan air. Kamu harus mandi jika berbelanja ke supermarket. 

7. Jika khawatir ada permukaan yang terinfeksi, tinggalkan produk dalam kemasan (yang tidak mudah rusak) di luar selama 24 jam sebelum menggunakannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya