Iis Sugianto Kasih Tips Jalani Kehidupan Pasca Sembuh dari Corona

Iis Sugianto
Sumber :
  • VIVAnews/Gestina Rachmawati

VIVA – Iis Sugianto mengaku menderita COVID-19. Iis sempat menjalani perawatan panjang untuk menyembuhkan sakitnya. Lewat video yang diunggahnya di channel YouTube, Iis Sugianto menceritakan pengalamannya ketika dinyatakan positif COVID-19. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Iis Sugianto pun mengaku, saat dinyatakan menderita corona, ia mengalami kekentalan darah di atas normal. Untungnya, Iis merelakan dirinya untuk dirawat secara intensive di rumah sakit. "Untung dirawat sehingga kekentalan darah saya bisa terjaga," terangnya lewat channel YouTube Iis Sugianto New yang diunggah 12 September 2020. 

Baca Juga: Ada Flek di Paru-paru, Ade Firman Hakim Dirawat Seperti Pasien Corona

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Selama dirawat di rumah sakit, Iis Sugianto sering ngobrol bareng para dokter, tentang bahaya COVID-19. Salah satu obrolan Iis dengan salah seorang dokter selama menjalani perawatan di rumah sakit adalah, "Gimana nanti saya menghadapi kehidupan selanjutnya dan bagaiaman orang nanti berhubungan dengan saya sebaiknya, saya ingin melanjutkan hidup dengan baik, mohon kasih tips."

Seorang dokter bernama dr Diah pun tampak ramah dan sabar memberikan penjelasan pada Iis. "Pertama, berterimakasih dengan pasien yang mau dirawat. Karena pasien yang mau dirawat adalah pahlawan untuk dirinya sendiri dan orang lain, sehinga dia mau isolasi diri sendiri. Jadi tetap jaga kesehatan, patuhi protokol, jaga jarak, pakai masker," kata dr Diah. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Tak cukup sampai di situ rasa penasaran Iis Sugianto, ia kemudian menanyakan lagi hal yang penting untuk diketahui untuk orang lain. "Tapi saya bisa menularkan orang lain gak dok?"  

Baca Juga: #TanyaDokter: Mendadak Keringat Dingin dan Pusing, Tanda Sakit Apa?

dr Diah kembali menjawab, "Kalau sudah sembuh tidak, jangan difikir COVID-19 bisa membuat orang sakit seumur hidup, tidak. Kalau sudah sembuh ya sudah." 

Kedua, lanjut dr Diah tips yang perlu diperhatikan adalah, setelah menderita COVID-19 dan dinyatakan sehat, seseorang tidak lagi menularkan orang lain. Justru yang bahaya, ketika orang lain yang menularkan lagi pada orang yang sudah sembuh, itu yang bahaya." 

Dokter tersebut berpesan, melakukan aktivitas dimanapun wajib menggunakan masker. Karena menggunakan masker adalah kunci utama untuk terhindar dan mencegah penularan COVID-19.

Iis ingat betul pesan dr Diah, "Kalau Anda pakai masker, bearti Anda pahlawan untuk diri Anda dan orang di sekeliling Anda," kata Iis Sugianto menirukan pesan sang dokter.  

"Hidup ini gak boleh tanpa masker. Saya berpesan, kesehatan nomor satu, kalau Anda sayang diri sendiri, sayangi keluarga kita, pakai masker, karena OTG itu gak ada gejalanya."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya