Ampuh Redakan Batuk, Ini Tips Konsumsi Jeruk Nipis

Ilustrasi jeruk nipis.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Musim hujan kerap memicu masalah kesehatan khususnya area tenggorokan, salah satunya batuk. Ternyata, mengonsumsi jeruk nipis dengan kadar tepat mampu meredakan rasa gatal yang membandel di tenggorokan.

Polusi Udara Bikin Batuk? Dokter Tak Anjurkan Asal Minum Antibiotik

Dikatakan dr. Wawamuli M.Biomed, dari acara Hidup Sehat, TvOne, jeruk nipis mengandung vitamin C sebanyak 40 gram dibanding jeruk lemon. Hal tersebut memberikan manfaat kesehatan untuk melegakan napas atau meredakan batuk. 

"Yang menarik dari jeruk ini bisa mengurangi sekret (dahak) atau mengencerkan lendir dan bisa membantu meredakan batuk. Peradangan dalam tenggorokan juga bisa diredakan dengan teratur meminum jeruk nipis," kata dia.

Jangan Asal! Ini Beda Penanganan Batuk Berdahak dan Batuk Kering

Baca juga: Cantiknya Caladium, Dulu Diabaikan Kini Berharga Jutaan

Meski begitu, asupannya tak boleh berlebihan lantaran kandungannya bersifat asam sehingga pada saat mengonsumsinya, harus segera membersihkan gigi. Sebab, gigi akan mudah rusak akibat paparan asam tersebut.

Dijamin Manjur, Ini 5 Tips Olah Daging Kurban Agar Tidak Bau

Selain itu, perlu diwaspadai bagi yang memiliki gangguan fungsi lambung. Jika dikonsumsi berlebihan, waspada dapat meningkatkan produksi asam lambung.

"Kalau habis konsumsi jeruk nipis atau lemon disarankan banyak meminum air putih," tuturnya.

Ilustrasi batuk.

Air Rebusan Jahe Ternyata Tidak Efektif Obati Batuk

Salah satu pengobatan herbal yang paling sering digunakan adalah untuk mengatasi sakit tenggorokan mulai dari batuk, radang tenggorokan, hingga radang amandel.

img_title
VIVA.co.id
3 Oktober 2023