Langkah Tepat Mencuci Tangan agar Terhindar dari COVID-19

Anak mencuci tangan
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Kasus virus Corona (COVID-19) di tanah air terus bertambah. Meski 1,2 juta dosis vaksin COVID-19 sudah tiba di tanah air pada Minggu, 6 Desember 2020 lalu,. Namun,bukan berarti masyarakat abai terhadap protokol kesehatan. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Pemerintah terus mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan diri selama vaksinasi belum dilakukan, salah satunya adalah dengan mencuci tangan. Mencuci tangan menjadi salah satu tindakan pencegahan virus corona yang perlu dilakukan dan yang paling mudah dilakukan.  

Seperti yang dilaporkan oleh HuffPost,virus corona dapat menyebar ketika tetesan cairan tubuh yang terinfeksi,seperti air liur atau lendir, tersebar melalui udara atau ke permukaan. Seperti halnya virus, satu cara pasti untuk membunuh kuman adalah dengan mencuci tangan.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Dilansir dari laman CDC, dijelaskan bahwa ada saat-saat paling penting untuk mencuci tangan agar dapat membantu Anda dan orang yang dicintai agar tetap sehat. Waktu yang tepat antara lain, sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan. Sebelum dan sesudah makan. Sebelum dan sesudah merawat orang yang sakit muntah atau diare.

Mencuci tangan juga penting dilakukan saat sebelum dan sesudah mengobati luka, setelah menggunakan toilet, setelah mengganti popok atau membersihkan anak yang telah menggunakan toilet.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Lalu penting mencuci tangan setelah membuang ingus, batuk, atau bersin, setelah menyentuh binatang, pakan ternak, atau kotoran hewan. Setelah menangani makanan hewan atau camilan hewan,setelah menyentuh sampah.

Untuk mencegah penyebaran kuman selama pandemi COVID-19, Anda juga harus mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik atau menggunakan pembersih tangan dengan setidaknya 60% alkohol.

Tangan yang bersih dapat menghentikan penyebaran kuman dari satu orang ke orang lain dan ke seluruh komunitas mulai dari rumah dan tempat kerja Anda ke fasilitas penitipan anak dan rumah sakit.

Maka penting, membersihkan tangan sebelum dan setelah menyentuh mata, hidung, atau mulut, sebelum dan sesudah menyentuh masker. Mencuci tangan saat masuk dan keluar dari tempat umum, saat menyentuh benda atau permukaan yang mungkin sering disentuh orang lain, seperti gagang pintu, meja, pompa bensin, kereta belanja, atau kasir / layar kasir elektronik

Mencuci tangan pun juga harus dilakukan dengan baik dan benar agar efektif dalam mencegah penularan virus COVID-19. Berikut ini lima langkah mencuci tangan dengan cara yang benar dan mudah.

1. Basahi tangan Anda dengan air bersih mengalir (hangat atau dingin), matikan keran, dan gunakan sabun.

2. Setelah itu, gosokkan kedua tangan, usap  area  punggung tangan, sela-sela jari, dan di bawah kuku.

3. Gosok tangan setidaknya selama 20 detik. Butuh pengatur waktu? Nyanyikan lagu "Happy Birthday" dari awal sampai akhir dua kali.

4. Bilas tangan dengan baik di bawah air bersih yang mengalir.

5. Keringkan tangan menggunakan handuk bersih atau keringkan dengan udara.

Seperti diketahui, jumlah kasus COVID-19 saat ini masih tinggi. Untuk itu, cara yang paling efektif dilakukan untuk mencegah penularan yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan dan selalu melakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan jauhi kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun.

#ingatpesanibu
#satgascovid19
#pakaimasker
#cucitanganpakaisabun
#jagajarak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya