Habis Makan Ngantuk, Ustadz dr. Zaidul Akbar Ungkap Penyebabnya

#ngantuk
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Seringakali, ngantuk sehabis makan mungkin pernah dialami oleh hampir setiap orang. Walau tidak berbahaya, ngantuk sehabis makan terkadang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan menurunkan konsentrasi Anda. Oleh karena itu, ketahui penyebab ngantuk setelah makan agar anda mengetahuinya.

Alasan Nikita Willy Biarkan Baby Issa Makan Sambil Ngantuk

Kebanyakan orang sekarang makan karena menuruti keinginannya bukan atas dasar kebutuhannya lagi, belum tentu juga apa yang di makan sesuai keinginannya itu adalah makanan yang baik yang layak masuk dalam tubuh sehingga mulai dari situlah timbulnya suatu permasalahan.

Disaat kita lapar kita membutuhkan tenaga juga energi, dan seharusnya ketika kita habis mengkonsumsi sesuatu seperti makanan harusnya kita lebih bertenaga bukannya ngantuk. lalu mengapa kebanyakan orang sehabis makan malah merasakan ngantuk?

Mitos atau Fakta: Makan Nasi Saat Sahur Bikin Ngantuk Seharian?

"Bukan kekenyangan loh, karena yang dimakan ternyata sudah tidak bisa lagi diolah badan dengan baik. Perumpamaannya kenapa anda makan nasi padang yang bersantan cepat merasa ngantuk tapi jika makan rujak anda tidak mengantuk? karena apa? karena sang rujak tadi masih banyak enzimnya, mineralnya, masih utuh jadi tubuh ketika mendapatkan itu kaya happy dia yang biasa dikenal sebagai prebiotik," tutut ustaz dr. Zaidul Akbar dalam Channel YouTube Dakwah Rakyat.

Dirinya pun menyarankan bahwa 85% jika ingin sehat maka kita harus menghindari dulu hal-hal yang bisa membuat kita sakit atau tidak baik untuk tubuh kita. Hal-hal lainnya juga yang dapat dilakukan yaitu harus mengurangi yang namanya gula pasir dikarenakan gula pasir semacam racun bagi tubuh kita di kemudian hari, selanjutnya adalah minyak, mengapa orang dulu lebih panjang umur?

Detik-detik Truk Tabrak Truk di Tol Jakarta Tangerang, Muatan Hebel Tumpah Berserakan di Jalan

Dikarenakan orang jaman dahulu jarang sekali menggunakan minyak, mereka lebih senang untuk merebus. yang terakhir adalah tepung juga daging dan masih banyak lainnya, maka dari itu disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan saja.

Beragam Faktor juga dapat dijadikan alasan mengapa sehabis makan kita seringkali merasa ngantuk. Itu karena pengaruh hormon selama proses pencernaan, Makanan dan minuman yang Anda konsumsi akan dicerna oleh lambung dan usus.

Saat proses pencernaan berlangsung, tubuh akan melepaskan hormon tertentu seperti serotonin dan melatonin. Peningkatan kedua hormon tersebut bisa menimbulkan rasa kantuk setelah Anda makan.

Selain itu, Perubahan Aliran darah di otak, Setelah makan aliran darah akan lebih banyak dialihkan ke saluran pencernaan agar tubuh dapat mengolah dan menyerap energi serta nutrisi dari makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Ketika hal tersebut terjadi, aliran darah pada otak akan sedikit berkurang dan menyebabkan Anda sering menguap dan mengantuk guna mencukupi kebutuhan oksigen di otak. Terakhir, masih banyak faktor yang dapat memicunya rasa ngantuk sehabis makan yaitu bisa saja karena anda kurang tidur, istirahat, juga olahraga atau memang sedang mengalami gangguan kesehatan. 

Laporan: Aufa Prasya 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya