Viral Ibu Hamil Keguguran karena Rumput Fatimah, Kenali Bahayanya

Ibu hamil keguguran karena rumput fatimah.
Sumber :
  • TikTok

VIVA – Pengguna TikTok tengah diramaikan dengan video terkait kematian janin akibat rumput fatimah. Dalam video yang diunggah akun TikTok @Infobumildansikecil diperlihatkan gambar janin melalui proses USG.

Pengalaman Pahit Anne Hathaway Keguguran di Tengah Peran Hamil

Dalam video itu diketahui janin dalam kandungan tersebut meninggal dunia. Hal itu diketahui dari detak jantung janin yang negatif. Sang ibu pun diketahui mengalami syok akibat perdarahan.

Sang ibu juga diketahui langsung diberikan tindakan operasi oleh tim dokter. Hal ini lantaran sang ibu mengalami ruptur rahim. Tidak sampai di situ, sang ibu juga harus dirawat di ICU selama 7 hari dan menghabiskan 20 kantong darah.

Dihamili 3 Kali, Korban Inses di Bengkulu Malah Peluk dan Tangisi Pelaku

Ternyata, insiden yang dialami oleh calon ibu tersebut disebabkan dirinya mengonsumsi rumput fatimah.

“Setelah diselidiki minum rumput patimah...,” tulis keterangan video itu..

Denny Sumargo Makan Otak Kelinci Biar Spermanya Bagus, Alhamdulillah Istrinya Hamil!

Lantas apa itu rumput fatimah dan bahayanya bagi ibu hamil? Dilansir dari berbagai sumber, rumput fatimah yang memiliki nama latin Labisia Pumila ini begitu populer terutama di kalangan ibu hamil. 

Sebabnya, banyak yang menyebut bahwa rumput fatimah dapat mempercepat proses kelahiran bayi. 
Karena, kandungan oksitosin dalam rumput fatimah dipercaya dapat memicu dan meningkatkan kontraksi pada rahim.

Namun, mengkonsumsi rumput fatimah ini dapat membahayakan bagi ibu dan bayi. Sebab, efek kontraksi dari rumput fatimah yang tidak teratur dan sulit diukur dosis amannya ini dapat mengakibatkan rahim berkontraksi dengan berlebih. 

Efek kontraksi yang berlebihan ini dapat menyebabkan uterine ruptute (dinding rahim robek). Apabila sudah robek, dapat mengakibatkan perdarahan hebat. Bila perdarahan tidak tertangani dengan cepat dapat menyebabkan sang ibu kehabisan darah. 

Selain itu, kontraksi rahim yang berlebih dapat menyebabkan aliran darah serta oksigen ke janin terganggu. Akibatnya, janin dapat mengalami kekurangan oksigen dan dalam keadaan berat dapat terjadi gawat janin yang mengancam keselamatan sang janin.

Mengonsumsi rumput fatimah juga dapat menyebabkan ibu hamil mengalami keguguran pada usia kehamilan di bawah 20 minggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya