Dokter Zaidul Akbar Ungkap 3 Ramuan Obat Batuk, Pilek & Badan Pegal

Jahe
Sumber :
  • Pixabay/ congerdesign

VIVA – Dokter Zaidul Akbar yang merupakan pendakwah Islam kembali berbagi tips sehat. Kali ini, pendakwah yang juga penggagas Jurus Sehat Rasulullah mengungkap khasiat luar biasa dari jahe. Jahe menjadi salah satu rempah-rempah Indonesia yang selalu ada di dapur setiap rumah. Selain digunakan untuk memasak, jahe diketahui juga dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Salah satunya manfaat jahe adalah untuk meningkatkan sistem imunitas. Lantaran jahe diketahui memiliki sifat sebagai imunomodulator atau meningkatkan imun sistem.

"Jahe ini merupakan salah satu immunomodulator atau herbal yang bisa meningkatkan sistem imun," kata dr Zaidul Akbar seperti dikutip dari tayangan YouTube Bisikan.com.

5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Untuk pengolahannya secara sederhana, kata dr. Zaidul Akbar bisa tumbuk jahe lalu rebus dalam air hingga mendidih dan bisa konsumsi air jahe tersebut.

"Kedua buang airnya dengan cara jahe dipanggang lalu ditambah dengan satu bagian kayu manis dan ditambah dengan dua bagian serai kalau ada akar manis bisa lalu tumbuk semua menjadi rata membentuk pasta. Konsumsi pasta ini satu sdm kemudian seduh dengan 1 cangkir air panas. Bisa tambahkan madu atau pemanis alami ini bisa digunakan untuk batuk pilek," kata beliau.

Waspada Kolesterol Naik Usai Lebaran! Ini Rahasia dr Zaidul Akbar Atasi Kolesterol Tinggi

Selanjutnya, bisa juga dengan menggunakan teh biasa atau teh tubruk. Kemudian ditambahkan dengan jahe kemudian tambahkan bagian batang sereh, campurkan cengkeh 2-3 lalu campurkan kayu manis.

"Kalau badan pegal, pilek atau banyak lendir bisa pakai itu," kata beliau.

Selain itu bisa gunakan 1 sdm bubuk jahe, bubuk adas dan kayu manis serta sejumput bubuk cengkeh dalam 1 cangkir. Campuran ini bisa mengatasi batuk dan pilek.

"Masukkan ke dalam air panas diaduk sampai agak hangat lalu tambahkan madu, ini bisa kita gunakan untuk mengatasi batuk pilek," kata beliau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya