Hati-hati Dampak Konsumsi Vitamin D3 Hingga 5000 IU per Hari

Ilustrasi vitamin/obat.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Vitamin D3 diketahui memiliki peran penting dalam tubuh. Vitamin D3 diketahui dapat membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor yang penting untuk membangun dan menjaga tulang yang kuat.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Selain itu, vitamin D3 dapat digunakan untuk mengobati dan mencegah penyakit rakitis, osteomalacia. Vitamin D3 juga diketahui dapat mencegah osteoporosis dan dapat mengurangi risiko patah tulang pada lansia.

Berbicara mengenai vitamin D3, belakangan ini ramai mengenai vitamin D3 5000 IU. Lantas apa manfaat dari vitamin D3 5000IU? Dilansir dari laman Health guide, secara umum setiap orang membutuhkan sekitar 600 hingga 800 IU (unit) vitamin D per hari melalui makanan mereka.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Vitamin D 5000 IU adalah suplemen dosis tinggi yang dapat membantu mengobati kekurangan vitamin D, yang terjadi ketika orang tidak mendapatkan cukup vitamin D melalui matahari atau makanan mereka.

Umumnya vitamin D3 5000 Iu ini dikonsumsi oleh orang yang tinggal di iklim utara atau mereka yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di dalam ruangan sering kali tidak mendapatkan cukup paparan sinar matahari. Terlebih lagi, tidak banyak makanan yang secara alami mengandung vitamin D.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Suplemen vitamin D 5000 IU yang Anda lihat di toko obat setempat mengandung vitamin D3, suatu bentuk yang secara alami ditemukan pada ikan berlemak. Vitamin D2 adalah bentuk lain dari vitamin D yang berasal dari sumber tumbuhan. Anda lebih mungkin melihat D3 dalam suplemen, karena penelitian telah menunjukkan itu lebih efektif dalam meningkatkan kadar vitamin D daripada D2.

Efek terlalu banyak

Namun, mengonsumsi terlalu banyak vitamin D, dapat memiliki efek toksik. Batas harian yang direkomendasikan untuk kebanyakan orang adalah 4000 IU. Suplemen vitamin D 5000 IU berada di ujung spektrum yang tinggi. Dosis khas suplemen vitamin D adalah 400, 800, 1000, dan 2000 IU.

Dan mengonsumsi dalam jumlah besar seperti vitamin D 5000 IU membuatnya lebih mudah untuk melewati dosis harian maksimum. Jumlah yang lebih tinggi juga meningkatkan risiko efek samping dari vitamin D.

Karena vitamin D membantu penyerapan kalsium, efek toksik dari dosis tinggi seringkali diakibatkan oleh kadar kalsium yang tinggi dalam darah Anda. Hal tersebut dapat mengganggu fungsi jantung dan otot. Efek samping umum dari overdosis vitamin D termasuk mual, muntah, nyeri otot, dan sering buang air kecil.

Jika Anda bertanya-tanya apakah Anda perlu mengonsumsi suplemen vitamin D 5000 IU, jawabannya tergantung pada level Anda. Jika Anda menduga kadar vitamin D dalam tubuh rendah, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan tentang apakah tes vitamin D tepat untuk Anda.

Jika Anda memiliki vitamin D rendah, penyedia layanan kesehatan akan merekomendasikan untuk meningkatkan asupan makanan Anda melalui makanan atau suplemen. Hindari mengambil lebih tinggi dari dosis yang dianjurkan tanpa mendiskusikannya dengan dokter terlebih dahulu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya