Jangan Langsung Rebahan, Ini 8 Manfaat Jalan Kaki Setelah Makan

Ilustrasi berjalan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Sehabis makan, biasanya banyak orang memilih untuk duduk atau bersantai. Padahal, melakukan aktivitas seperti berjalan kaki sehabis makan bisa sangat bermanfaat untuk tubuh.

Dokter Peringatkan Soal Obat Pelangsing yang Kerap Diendorse Artis

Apa saja manfaat berjalan kaki yang dilakukan sehabis makan? Berikut rangkumannya.

1. Melancarkan pencernaan
Aktivitas fisik seperti berjalan kaki setelah makan bisa membantu melancarkan pencernaan, terutama menghilangkan rasa kembung atau begah. Selain itu, jalan kaki bisa memberikan efek relaksasi pada lambung karena dapat membantu mendorong makanan yang telah dikonsumsi pada saluran pencernaan. Efeknya, Anda dapat terhindar dari risiko masalah pencernaan seperti sembelit.

Gampang Kenyang Padahal Baru Makan Sedikit Ternyata Bukan Kondisi Normal, Ini Sebabnya

2. Meningkatkan sistem metabolisme tubuh
Alih-alih rebahan, cobalah berjalan-jalan ringan setelah makan karena jalan kaki bisa membakar bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Jalan kaki juga membakar lebih banyak kalori sehingga tubuh tetap bugar setelah mengonsumsi makanan.

Jika memilih berbaring usai makanan, efeknya bisa buruk pada kesehatan lambung. Berbaring bisa menyebabkan tekanan di lambung meningkat sehingga membuat makanan atau minuman yang dikonsumsi dapat naik lagi ke kerongkongan. Apalagi jika Anda mengonsumsi makanan dalam porsi besar sekaligus.

Zaidul Akbar Sebut Ada Bahaya Tersembunyi di Balik Kebiasaan Minum Saat Makan

3. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh
Tidak hanya menyehatkan pencernaan, berjalan kaki setelah makan juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bergerak ringan setelah makan dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang kemudian bermanfaat juga untuk mengeluarkan segala macam racun dalam tubuh. Hal ini juga membuat organ internal dapat menjalankan fungsinya dengan baik serta membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Membantu menurunkan berat badan
Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, berjalan kaki setelah makan bisa menjadi kebiasaan sehat yang dilakukan rutin. Beraktivitas usai makan dapat membantu tubuh lebih cepat membakar kalori dan lemak yang dikonsumsi. Kabar baik lainnya, jalan kaki setelah makan juga bisa membantu mengurangi rasa lapar atau menekan keinginan untuk ngemil setelah makan.

Nah, apalagi ya manfaat baik berjalan kaki setelah makan? Baca selengkapnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya