12 Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami dan Cepat

Pewarna rambut
Sumber :
  • Dokumentasi L’Oréal Professionnel

VIVA – Rambut merupakan mahkota bagi setiap wanita. Terkadang rambut yang sudah mulai panjang ingin dipotong agar lebih pendek dan bergaya. Jika kamu ingin memanjangkan kembali dengan cepat, berikut terdapat 12 cara memanjangkan rambut secara alami dan cepat.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Yuk Intip 12 Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat Berikut Ini:

1. Keramas Setiap Dua Hari Sekali

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Ternyata, keramas terlalu sering bisa memengaruhi pertumbuhan rambut, lho. Karena, sampo dan air hangat membuat rambutmu kehilangan kelembapan alami dan kering. Rambut cenderung jadi rusak dan mudah rontok.

Oleh karena itu, kamu cukup keramas dua hari sekali dan menggunakan air bersuhu ruangan agar rambut tetap sehat dan lembap. 

Terungkap! SYL Juga Pakai Uang Korupsi untuk Beli Skincare Anak dan Cucu

2. Kurangi Pengunaan Styler Rambut

Pemakaian styler secara terus menerus akan membuat pertumbuhan rambut terhambat. Maka kurangi penggunaan hair styler untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

3. Gunakan Conditioner

Penggunaan conditioner setelah keramas secara rutin juga dapat menjadi salah satu cara cepat memanjangkan rambut. Selain mempercepat pertumbuhan rambut, conditioner juga dapat menjaga kelembaban rambut sehingga terhindar dari kerusakan seperti rambut kering, rapuh dan kusam.

4. Pijat Kulit Kepala Secara Rutin

Dengan memijat kulit kepala secara rutin, minimal 3 kali dalam seminggu dapat merangsang pertumbuhan rambut. Hal tersebut akan membantu melancarkan peredaran darah pada kulit kepala sehingga proses tumbuhnya rambut pun akan lebih cepat.

5. Hindari Mewarnai Rambut

Jika ingin mempercepat pertumbuhan rambut, sebaiknya kamu jangan terlalu sering mewarnai rambut.
Karena pewarna rambut mengandung bahan kimia yang dapat merusak kulit kepala hingga menghambat pertumbuhan rambut.

6. Perbanyak Konsumsi Protein

Selain perawatan dari luar, perawatan dari dalam pun dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan rambut.
Maka dari itu, pastikan kamu mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein agar folikel rambutmu mendapatkan nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan dalam mendukung pertumbuhan rambut.

7. Kurangi Waktu Berenang

Ternyata berenang terlalu sering bisa menghambat pertumbuhan rambut. Karena kandungan klorin pada air kolam renang dapat merusak rambut. Sehingga membuat pertumbuhan rambut semakin melambat.

8. Perawatan Rambut dengan Lidah Buaya

Lidah buaya juga selalu menjadi kunci berbagai cara memanjangkan rambut. Khasiat lidah buaya dalam menutrisi serta menyehatkan rambut memang sudah tidak diragukan lagi. 

Tidak heran jika banyak produsen produk perawatan rambut yang menggunakan tanaman yang satu ini sebagai bahan dasar pembuatan produknya.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan lidah buaya secara alami. Cara memanjangkan rambut alami dengan lidah buaya yaitu kupas lidah buaya dan ambil gelnya.

Kemudian oleskan gel tersebut ke kulit kepala dan rambut kamu. Diamlah sekitar 20-30 menit, lalu bilas hingga bersih. Untuk hasil maksimal, kamu bisa menambahkan beberapa tetes madu pada gel lidah buaya sebelum dioleskan pada kulit kepala.

9. Alami dengan Bawang Merah

Sebagian orang mungkin belum tahu dengan khasiat bawang merah untuk rambut. Air perasan bawang merah diklaim bisa memanjangkan rambut secara alami. Kandungan belerang yang tinggi pada bawang merah merupakan kunci untuk menumbuhkan rambut secara alami. 

Cara mengaplikasikan bahan alami untuk memanjangkan rambut ini cukup mudah. Kupas dan cuci bersih satu genggam bawang merah. Lalu parut dan peras sehingga sari bawang merah keluar. 

Oleskan perasan bawang merah pada kulit kepada secara merata, dan diamkan beberapa saat.
Kemudian keramas seperti biasa. Lakukan rutinitas ini secara berkala dan dijamin rambut akan cepat panjang secara alami.

10. Gunting Ujung Rambut

Memotong ujung rambut tidak hanya sekedar untuk membuang rambut yang sudah tua, kering, serta bercabang. Hal ini juga dipercaya akan merangsang agar rambut tumbuh lebih cepat.

Jadi, bisa dikatakan bahwa dengan memotong ujung rambut merupakan salah satu cara membuat rambut cepat tumbuh secara alami sekaligus membuat bagian rambut yang sudah tidak sehat.

11. Kurangi Begadang

Stress dan kurang istirahat menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Perbanyak istirahat serta kurangi begadang bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

Hal ini disebabkan karena pada saat tidur tubuh akan meregenerasi sel baru. Jika tidurmu terganggu, otomatis regenerasi sel rambut juga akan terganggu. Tidak hanya membantu memanjangkan rambut secara alami, hal ini juga baik untuk kesehatan tubuhmu.

12. Kurangi Mengikat Rambut

Tidak semua ikat rambut nyaman dan aman digunakan, terkadang justru membuat kulit rambut terasa ketarik dan menyebabkan kerusakan. Jika terus dilakukan, maka pertumbuhan rambut akan terhambat. 

13. Mengendalikan Stres

Meski terdengar sulit, tetapi mengendalikan stres bisa menjadi salah satu cara untuk memanjangkan rambut. Stres berlebihan membuat rambut makin rapuh dan memengaruhi kesehatan rambut.

Jika kamu sedang mengalami rasa stres, bisa lho mencoba berbagai kegiatan yang menenangkan seperti yoga, meditasi, atau sekedar bercerita kepada teman dekat tentang masalahmu. Dengan begitu, stres bisa dikendalikan.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mempercepat pertumbuhan rambut secara alami dan cepat yang dikutip dari berbagai sumber.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya