Kemenkes: Pintu Masuk ke Indonesia Diperketat, Deteksi Varian Mu

Virus Corona.
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Kementerian Kesehatan menyatakan sampai saat ini varian baru COVID-19 jenis Mu belum terdeteksi ada di Indonesia. Namun Kemenkes tetap melakukan pengetatan dan pengawasan di pintu masuk Indonesia. 

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

"Sampai saat ini belum mendeteksi adanya varian Mu, tapi penting kita melakukan pengetatan dan pengawasan dan tentunya pengetatan dan pengawasan di bandara ini bukan hanya di pintu masuk Jakarta tapi juga pintu masuk perjalanan internasional di provinsi lainnya," kata Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi dalam virtual conference, Jumat 10 September 2021.

Ia menambahkan,  pengetatan dan pengawasan di bandara ini bukan hanya di pintu masuk Jakarta tapi juga pintu masuk perjalanan internasional di provinsi lainnya. Lebih lanjut kata Nadia, pihaknya juga terus mendorong satgas bandara dan pemerintah daerah kembali mengetatkan dan menjalankan protokol pemeriksaan karantina.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Hal ini sesuai surat edaran Satgas nomor 18 Tahun 2021 Tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Nadia menjelaskan bahwa Kemenkes dan sektor terkait lainnya selalu memantau dan melakukan pemeriksaan sequencing terhadap kasus-kasus yang masuk ke Indonesia ataupun melalui penularan lokal yang terjadi di Indonesia.

"Sampai saat ini tidak kurang dari 5.835 sequencing kita laporkan dan dari hasil pemeriksaan tersebut 2.300 adalah varian Delta yang ditemukan di 33 provinsi di Indonesia. Kita juga memantau semua varian yang muncul baik itu VOC Alfa, Beta, Gamma dan Delta maupun VOI seperti yaitu Eta, Kappa, Lambda dan lainnya serta varian lokal yang muncul di Indonesia," tutur Nadia.

Nadia pun mengimbau agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan walaupun pelonggaran aktivitas masyarakat dilakukan.

"Segera divaksin sesuai dengan jadwalnya," ujar dia.

Jemaah calon haji naik pesawat untuk berangkat ke Tanah Suci di Arab Saudi (Foto ilustrasi)

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Kuota haji Kabupaten Tangerang meningkat 15 persen.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024