Terungkap, Dampak Jangka Panjang Minum Kopi Setiap Hari

Kopi
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Berapa banyak dari Anda yang tidak bisa memulai hari tanpa secangkir kopi? Yah, banyak dari kita. Bukan hanya pagi, banyak dari kita membutuhkan lebih banyak cangkir kopi sepanjang hari untuk menjaga diri kita tetap energik dan terjaga. 

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa jumlah kopi yang kita minum setiap hari berdampak pada risiko serangan jantung, stroke, dan kematian dari semua penyebab. Inilah yang ditemukan oleh studi tersebut, dikutip dari Times of India.

Penelitian ini melibatkan 468.629 peserta. Orang-orang ini dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan konsumsi kopi mereka - tidak ada (yang tidak minum kopi secara teratur), ringan hingga sedang (yang mengonsumsi 0,5 hingga 3 cangkir) dan tinggi (lebih dari 3 cangkir per hari).

Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal

Studi ini ditindaklanjuti dengan peserta 10 hingga 15 tahun kemudian, dengan rata-rata tindak lanjut 11 tahun. Hasilnya disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, status merokok, aktivitas fisik, tekanan darah tinggi, diabetes, kadar kolesterol, status sosial ekonomi, asupan alkohol, konsumsi daging, teh, buah-buahan dan sayuran.

Risiko kematian

Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

Ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi ringan hingga sedang per hari memiliki risiko kematian yang lebih rendah sebesar 12 persen dibandingkan dengan yang bukan peminum kopi. Mereka juga menemukan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular 17 persen lebih rendah dan risiko stroke 21 persen lebih rendah.

“Analisis pencitraan menunjukkan bahwa dibandingkan dengan peserta yang tidak minum kopi secara teratur, konsumen harian memiliki ukuran jantung yang lebih sehat dan fungsi jantung yang lebih baik. Ini konsisten dengan membalikkan efek merugikan penuaan pada jantung.”

Dengan demikian, ditemukan bahwa dalam jangka panjang, minum 0,5 hingga 3 cangkir kopi setiap hari memiliki dampak yang menguntungkan bagi kesehatan kita dengan mekanisme utama meningkatkan kesehatan jantung kita.

Jadi, Anda dapat dengan aman mengonsumsi 0,5 hingga 3 cangkir kopi setiap hari. Tetapi juga istirahat dari minum kopi, seperti satu minggu setiap bulan.

Waktu yang tepat untuk mengonsumsi kopi dikatakan satu jam setelah bangun tidur dan berhenti setidaknya 10 jam sebelum tidur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya