Jangan Asal, Ini Waktu Ideal untuk Sarapan

Ilustrasi parenting/orangtua dan anak/anak makan.
Ilustrasi parenting/orangtua dan anak/anak makan.
Sumber :
  • Freepik/freepik

"Pilih menu yang sehat harus terpenuhi zat gizi seperti karbihidrat kompleks, protein, lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral," pesannya.

Roti gandum.
Photo :
  • visualsonline.cancer.gov

Roti gandum.

Karbohidrat kompleks dianjurkan lantaran memiliki serat tinggi dan menjadi sumber energi baik bagi tubuh. Jenisnya pun beragam mulai dari roti gandum, nasi merah, kentang dan kulit, serta oatmeal.

Sementara pada protein, baik dikonsumsi agar menjaga daya tahan tubuh dan mempertahankan massa otot. Ada dua jenis protein yaitu hewani dan nabati. Pada hewani bisa memilih ayam, ikan, susu, dan yogurt. Sementara tempe dan tahu menjadi sumber proteim nabati yang cukup mudah didapat dan berkhasiat baik.

"Untuk lemak, bisa tambah alpukat dan sedikit minyak zaitun. Hindari makanan yang digoreng berlebihan karena dapat menambah asupan saat sarapan jadi lebih besar. Janhan lupa sayur dan buah harus terpenuhi sebagai sumber vitamin dan mineral," kata Feni.