dr Zaidul Akbar: Begini Cara Bikin Gorengan Enak Tapi Tetap Sehat

Ilustrasi gorengan
Ilustrasi gorengan
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Siapa yang tidak menyukai gorengan? Rasanya yang gurih berpadu dengan teksturnya yang renyah, membuat makanan satu ini tidak pernah ditinggalkan oleh para penggemarnya. 

Meski kebanyakan orang sudah mengetahui bahwa gorengan bukanlah makanan yang sehat, bahkan berisiko menyebabkan banyak penyakit, tapi tetap saja gorengan tidak pernah sepi peminat. 

Menyadari hal itu, dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar, memberikan resep cara membuat gorengan yang enak tapi tetap sehat. Lalu, bagaimana cara membuatnya? 

"Jadi nanti kalau Anda mau bikin gorengan, contohnya bakwan misalnya. Bisa kok. Caranya Anda bikin bakwan yang tidak pakai tepung gluten. Sekarang ada tepung non gluten," ungkapnya dalam video yang diunggah di Instagram @jurussehatrasulullah_, dikutip VIVA, Senin 25 Oktober 2021.

dokter Zaidul Akbar
Photo :
  • YouTube dokter Zaidul Akbar

dokter Zaidul Akbar

Setelah menggunakan tepung non gluten, bahan selanjutnya yang disarankan dokter Zaidul untuk membuat bakwan sehat adalah dengan menambahkan sayur-sayuran organik. 

"Diaduk-aduk pakai tepung, kasih bumbu yang alami segala macem, lalu dipanggang, di-bake atau di oven. Gak pakai minyak kan?" terang dia.