Penelitian Baru COVID-19, Infeksi Ulang dan Bisa Ganggu Telinga

Ilustrasi virus corona COVID-19
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Sudah hampir dua tahun dunia dihadapkan dengan pandemi COVID-19. Sejumlah penelitian mengenai COVID-19 pun dilakukan untuk mengetahui tentang virus dan cara penanggulangan pandemi ini. Terbaru, penelitian COVID-19 pun terungkap mulai dari antidepresan murah yang menunjukkan janji melawan COVID-19, hingga virus corona dapat menginfeksi telinga.

Arab Saudi Gandeng Bill Gates Berikan Vaksin Polio pada Jemaah Haji

Berikut ini beberapa penelitian terbaru mengenai COVID-19 seperti dilansir dari laman Asiaone.

1. Antidepresan murah menunjukkan janji melawan COVID-19

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Ilustrasi obat COVID-19.

Photo :
  • Health Europa

Fluvoxamine, antidepresan yang murah, dapat membantu menjaga pasien dengan COVID-19 dari mengembangkan penyakit parah, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan di The Lancet Global Health pada hari Rabu. Hal ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan terhadap 1.500 pasien COVID-19 yang direkrut oleh peneliti di Brazil.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Para partisipan tersebut merupakan pasien COVID-19 yang berisiko tinggi mengalami komplikasi itu setengahnya mendapatkan fluvoxamine secara acak melalui oral selama 10 hari. Sementara lainnya menerima perawatan standar COVID-19.

Selama bulan berikutnya, 11 persen dari kelompok fluvoxamine membutuhkan setidaknya enam jam perawatan darurat atau dirawat di rumah sakit, dibandingkan dengan 16 persen pasien yang tidak mendapatkan fluvoxamine, dan lebih sedikit pasien fluvoxamine yang meninggal, para peneliti.

Para peneliti menduga obat itu membantu dengan membatasi kemampuan virus untuk menyebabkan peradangan.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan dampak fluvoxamine karena ‘hasil gabungan’, di mana berbagai hasil disatukan untuk analisis tidak dapat diandalkan, menurut editorial oleh Otavio Berwanger dari Rumah Sakit Israelta Albert Einstein di Sao Paulo.

2. Peluang infeksi ulang lebih tinggi untuk penyintas COVID-19 yang tidak divaksinasi

Vaksinasi di Kota Semarang, Jateng (Foto ilustrasi).

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

Sementara infeksi SARS-CoV-2 menginduksi antibodi yang melindungi terhadap infeksi ulang, antibodi tersebut mungkin tidak melindungi sebaik antibodi yang diinduksi vaksin, menurut sebuah penelitian terhadap orang dewasa yang dirawat di rumah sakit yang menunjukkan gejala mirip COVID.

Dari 6.328 pasien yang divaksinasi dalam tiga hingga enam bulan sebelumnya, 5,1 persen terkonfirmasi positif COVID-19, itu dibandingkan dengan 8,7 persen dari 1.020 pasien yang tertular virus dalam tiga hingga enam bulan terakhir tetapi tidak memilih untuk divaksinasi.

Setelah memperhitungkan faktor risiko, kemungkinan diagnosis COVID-19 lebih dari lima kali lipat lebih tinggi untuk orang yang selamat yang tidak divaksinasi, para peneliti melaporkan pada hari Jumat di Laporan Mingguan Morbiditas dan Kematian CDC.

"Semua orang yang memenuhi syarat harus divaksinasi COVID-19 sesegera mungkin, termasuk orang yang tidak divaksinasi yang sebelumnya terinfeksi SARS-CoV-2," kata mereka.

3. Infeksi telinga oleh virus dapat menjelaskan masalah pendengaran, keseimbangan

Gangguan telinga sebelah kiri.

Photo :
  • Times of India

Virus corona dapat menginfeksi sel-sel telinga bagian dalam, para peneliti menemukan dalam sebuah penelitian yang dapat membantu menjelaskan masalah keseimbangan, gangguan pendengaran dan tinnitus, atau telinga berdenging yang dialami oleh beberapa pasien COVID-19.

Menggunakan model seluler telinga manusia, ditambah sampel jaringan telinga bagian dalam dari tikus dan manusia, para peneliti menemukan bahwa sel-sel telinga bagian dalam "memiliki mesin molekuler untuk memungkinkan masuknya SARS-CoV-2" dan bahwa virus memang dapat menginfeksi sel-sel itu, menurut untuk sebuah laporan yang diterbitkan pada hari Jumat di Communications Medicine oleh tim dari MIT dan Rumah Sakit Mata dan Telinga Massachusetts di Boston.

Virus mungkin masuk ke telinga melalui tabung eustachius, yang menghubungkan hidung ke telinga, atau mungkin berjalan melalui saraf yang membawa bau dari hidung ke otak dan dari sana melalui saraf yang terhubung ke telinga bagian dalam, para penulis berspekulasi.

Mereka berharap sekarang untuk menggunakan model seluler manusia mereka untuk menguji kemungkinan pengobatan untuk infeksi telinga bagian dalam yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 dan virus lainnya.

4. CDC, FDA menghitung efek samping dari 300 juta vaksin

Seorang tenaga kesehatan di satu rumah sakit di Kota Bandung memperlihatkan botol vial berisi vaksin COVID-19 buatan Moderna.

Photo :
  • VIVA/Adi Suparman

Data keamanan dari hampir 300 juta dosis vaksin mRNA COVID-19 yang diberikan dalam enam bulan pertama program vaksinasi AS menunjukkan sebagian besar efek samping yang dilaporkan ringan dan singkat, kata para peneliti dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS dan Badan Pengawasan Makanan AS. dan Drug Administration minggu ini.

Antara pertengahan Desember 2020 dan pertengahan Juni tahun ini, lebih dari 298 juta dosis vaksin dari Pfizer/BioNTech dan Moderna diberikan, para peneliti melaporkan pada hari Kamis di medRxiv menjelang peer review.

Vaccine Adverse Event Reporting System (VAERS) menerima lebih dari 340.000 laporan efek samping, 6,6 persen di antaranya serius tetapi tidak mematikan dan 1,3 persen berakibat fatal.

Di antara sekitar 8 juta pengguna aplikasi v-safe CDC, yang mensurvei orang tentang pengalaman vaksinasi Covid-19 mereka, lebih dari setengahnya melaporkan beberapa jenis reaksi, biasanya satu hari setelah injeksi, dan lebih sering setelah dosis kedua, tetapi lebih sedikit. dari 1 persen dilaporkan mencari perawatan medis.

Berdasarkan informasi terkini, laporan itu menyimpulkan, efek samping serius dari vaksin jarang terjadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya