Kata Dokter: Selangkangan dan Ketiak Menghitam Begini Cara Atasinya

Ilustrasi ketiak.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA – Memiliki kulit yang mulus dan bersih bersinar, tentu membuat siapapun merasa percaya diri. Merasa cantik mengenakan buasana apapun, dan bisa tampil penuh pesona. Tapi, bagaimana jika ada sebagian area di tubuh yang tampak menghitam, seperti area ketiak dan selangkangan? Kulit selangkangan dan ketiak yang menghitam, bisa merusak penampilan.

Fuji Pernah Insecure Lantaran Warna Kulit, Sampai Tak Mau Lakukan Hal Ini

Masalah ketiak hitam dan bahkan selangkangan yang menghitam, memang seringkali dikeluhkan banyak orang. Meski berada di tempat yang tersembunyi, tetap saja masalah ini bisa membuat orang merasa minder. 

Hitam di area ketiak, bisa membuat penyuka busana terbuka, tentu merasa tak percaya diri. Sementara area selangkangan yang menghitam bisa merusak kemesraan pasangan suami istri ketika berhubungan intim. Lalu seperti apa solusi untuk mengatasinya? Yuk simak penjelasan dari praktisi kesehatan, dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM).

Atasi Ketiak Basah dan Bau Tak Sedap dengan 5 Tips Ini

"Masalah kulit yang tadi disampaikan area yang menghitam terutama di ketiak dan selangkangan memang sebetulnya hal ini akan mengganggu pada saat kalian menggunakan pakaian yang terbuka atau bagi kalian yang ingin melangsungkan pernikahan, jadi malu dong ada kata ketahuan 'kok item, si ketiaknya atau selangkangannya'?" ujar dr Haikal lewat Channel YouTube VDVC Health.

dr. Haekal pun menjelaskan, sebetulnya penyebab dari ketiak dan selangkangan hitam ini banyak. Pertama bisa karena faktor genetik (keturunan). Kemudian dapat disebabkan karena sering menggunakan pakaian yang ketat, seperti baju ketat, celana dalam ketat yang menyebabkan terjadinya gesekan antara kulit dan bahan pakaian yang lama-lama bisa menyebabkan area tersebut menghitam atau menggelap. 

Ayu Ting Ting Jadi Sorotan Gara-gara Ketiak

"Yang kedua mungkin bagi kalian yang menggunakan bahan atau produk pembersih yang tidak sesuai dengan jenis kulit sehingga menyebabkan area ketiak menghitam dan juga area selangkangan menghitam. Apakah bisa area yang menghitam ini diatasi?"

Diyakini dr. Haekal, sebetulnya ada cara untuk kembali mencerahkan supaya area di ketiak dan selangkangan tidak lagi menghitam dan tentunya dilakukan di klinik, menggunakan teknologi laser. Tapi bagi kamu yang tak ingin menjalani perawatan di klinik, ada juga cara sederhana dan murah untuk mencegah supaya area ketiak dan selangkangan tidak mengitam. Seperti apa caranya?

"Ada, yang pertama adalah gunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah contohnya lidah buaya, tapi kalau lidah buaya kita bisa dapatlan di toko yang bentuknya gel. Nah ini dapat kalian oles di selangkangan atau ketiak," terang dr. Haekal lagi.

Tak hanya itu, dr. Haekal juga menyarankan jika kalian suka menggunakan pakaian yang terbuka, seperti kaos yang terbuka, kaos tanpa lengan, selalu gunakan tabir surya.

"Dan ingat, kalian ketika menggunakan bahan kosmetik untuk mencegah bau badan, gunakan bahan yang non alergenic sehingga tidak akan membuat kulit ketiak kalian menghitam," ujarnya lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya