Ada Kabar Baik dari Ilmuwan Hong Kong Soal Omicron

Ilustrasi COVID-19/virus corona
Ilustrasi COVID-19/virus corona
Sumber :
  • Pixabay/Tumisu

VIVA – Ilmuwan Hong Kong telah berhasil mengisolasi varian Omicron dari spesimen klinis yang akan membantu dalam mengembangkan vaksin melawan jenis baru COVID-19, kata The University of Hong Kong (HKU), Selasa (30 November.

Dalam sebuah pernyataan, yang dikutip dari Straits Times, HKU mengatakan peneliti Departemen Mikrobiologi adalah tim peneliti pertama yang diketahui di Asia yang berhasil mengisolasi varian Omicron.

Varian terisolasi akan memungkinkan pengembangan dan produksi vaksin melawan Omicron, yang telah ditetapkan sebagai "varian yang menjadi perhatian" oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Tim peneliti sekarang bekerja untuk memperluas virus untuk digunakan dalam menilai penularannya, kemampuan penghindaran kekebalan dan patogenisitas pada model hewan.

Tim juga menjajaki peluang untuk pengembangan mendesak dan produksi vaksin virus utuh yang tidak aktif, kata HKU.

Tim HKU berhasil mengisolasi varian pada Senin malam, empat hari setelah dua kasus Omicron pertama dikonfirmasi di Hong Kong pada 25 November, dan lima hari setelah varian pertama kali dilaporkan ke WHO dari Afrika Selatan pada 24 November.

WHO menetapkan varian tersebut, yang awalnya diidentifikasi sebagai B.1.1.529 sebagai varian yang menjadi perhatian, dan menamakannya Omicron pada 26 November.