Cegah Diabetes Tipe 2, Pakar Sebut Pantang Makan Ini

Cegah diabetes
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pengidap diabetes berisiko tinggi selama pandemi dengan kerentanan terpapar virus hingga terjadinya gejala parah, bahkan kematian akibat terinfeksi COVID-19. Kendati begitu, sejatinya para pakar menilai bahwa kondisi diabetes sendiri bisa diatasi dengan langkah tepat. Apa itu?

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Meskipun diabetes adalah penyebab utama kebutaan, gagal ginjal, serangan jantung, stroke, dan amputasi tungkai bawah menurut Organisasi Kesehatan Dunia, WHO menyatakan bahwa Diabetes dapat diobati dan konsekuensinya dapat dihindari atau ditunda dengan diet, aktivitas fisik, pengobatan dan skrining rutin dan pengobatan untuk komplikasi.

Sekitar 7 persen penduduk dunia hidup dengan diabetes pada tahun 2021. Dari total populasi diabetes, WHO menempatkan jumlah orang yang terkena diabetes tipe 2 sebesar 95 persen.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

“Diabetes tipe 2 adalah penyakit gaya hidup dan penyebab utama penyakit ini terletak pada pola makan yang kita konsumsi bersamaan dengan aktivitas fisik yang kita lakukan sehari-hari. Jika Anda serius ingin membalikkan diabetes, cobalah tips yang telah terbukti berkali-kali yang akan membantu Anda mencapai tujuan," kata Ahli Gizi/Ahli Diet di Gandharva Wellness Studio di Preet Vihar New Delhi, dr. Asma Alam.

Ilustrasi Diabetes

Photo :
  • U-Report
Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Tips cegah diabetes

Pakar Kebugaran dan Ahli Obat Herbal Vijay Thakkar menegaskan bahwa penyebab kondisi diabetes ini kurang genetik atau organik daripada buatan manusia. Menurutnya, diabetes tipe 2 sebagian besar merupakan produk gaya hidup yang menginduksi resistensi insulin dalam tubuh. 

"Meskipun genetika juga bisa menjadi penyebab, perubahan gaya hidup yang relevan dapat menjaga diabetes tetap terkendali dan menunda kemunculannya kembali," tuturnya.

Dia menambahkan, gaya hidup yang tidak banyak bergerak adalah penyebab utama berkembangnya diabetes tipe 2 di masa dewasa karena otot adalah penyimpanan gula darah terbesar. Penggunaan alkohol dan tembakau hanya membantu kondisi untuk keluar lebih cepat. 

"Cukup termasuk olahraga teratur dan berhenti menggunakan tembakau akan membantu tubuh Anda melawan masalah ini secara alami," ujar dia.

Dia juga menyarankan diet rendah kalori, seperti sayuran segar yang kaya serat dan hijau, buah-buahan, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, makanan gandum, kacang-kacangan dan polong-polongan untuk membentuk diet utama seseorang. Ia menyarankan untuk menghindari makanan dengan tepung putih olahan dan gula seperti ini cenderung menyebabkan penumpukan lemak dan obesitas. Menyoroti bahwa manajemen berat badan adalah faktor besar lain yang dapat menempatkan diabetes kembali tercetus.

"Anda dapat mengurangi berat badan Anda dengan perubahan gaya hidup dan olahraga teratur. Konsultasikan dengan dokter untuk tindakan perbaikan seperti operasi bariatrik," katanya lagi.

Serupa, Dr Asma Alam mengungkapkan bahwa perubahan kecil seperti mengelola berat badan yang sehat karena tingkat resistensi insulin yang tinggi secara langsung terkait dengan obesitas. Juga, menjaga kesehatan organ yang membantu mengatur kadar glukosa dalam darah dengan membatasi konsumsi alkohol dan merokok. 

"Selain itu, penting untuk memiliki keseimbangan antara jumlah kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar," katanya.

Dia menjelaskan bahwa kurangnya aktivitas fisik dapat mengembangkan lapisan lemak ekstra mulai di sekitar perut yang mengarah pada resistensi insulin yang lebih tinggi. Jadi, bakar kalori tambahan itu untuk gaya hidup yang lebih baik. 

Telur rebus

Photo :
  • Times of India

Dokter Asma Alam juga merekomendasikan beberapa makanan terbaik untuk penderita diabetes yang harus dimasukkan pasien dalam diet mereka, seperti sayuran berdaun hijau, biji rami, telur, kacang-kacangan dan minyak zaitun extra virgin.

"Terakhir, yang paling penting, tetap terhidrasi dan ikuti diet yang tepat! Diet rendah karbohidrat, moderat protein dan lemak sehat adalah diet ideal yang akan membantu menjaga kadar glukosa darah dalam jangka panjang," pesannya.

Tak hanya itu, Daewoong Pharmaceutical (CEO Jeon Seung-ho dan Lee Chang-jae) mengumumkan hasil dari monoterapi Enavogliflozin dan terapi kombinasi metformin, obat diabetes baru dengan mekanisme penghambatan SGLT-2. Enavogliflozin adalah obat diabetes penghambat SGLT-2 pertama dan baru yang dikembangkan oleh Daewoong Pharmaceutical diantara perusahaan farmasi local lainnya di Korea.

Peneliti utama, Profesor Park Kyung-soo dari Rumah Sakit Universitas Nasional Seoul, dan peneliti dari 22 institusi berpartisipasi dalam uji klinis fase 3 monoterapi ini. Sebanyak 160 pasien dengan diabetes tipe 2 dilakukan penelitian dengan cara multi-organ, acak, tersamar ganda, terkontrol plasebo, dan konfirmasi terapeutik. 

Uji klinis kombinasi metformin dilakukan pada 200 pasien diabetes tipe 2 yang memiliki kontrol gula darah yang tidak mencukupi dengan metformin, dengan partisipasi peneliti dari 23 institusi, termasuk Profesor Yun Geon-ho dari Rumah Sakit St. Mary Seoul. Penelitian ditujukkan berdasarkan perubahan hemoglobin terglikasi pada kelompok yang diobati dengan Dapagliflozin dan metformin, dibandingkan non-inferioritas Enavogliflozin dan metformin. Selain itu, keamanan dikonfirmasi karena tidak ada reaksi merugikan atau interaksi obat yang ditemukan bahkan ketika Enavogliflozin dan metformin dikonsumsi secara bersamaan.

“Enavogliflozin saja dan terapi kombinasi metformin dipastikan memiliki efek penurun gula darah yang sangat baik dan keamanan pada total 360 pasien di Korea dalam uji coba fase 3. Jika efek penurun gula darah yang sangat baik dan keamanan Vogliflozin dikonfirmasi, diharapkan menjadi pilihan pengobatan yang baik untuk pasien diabetes tipe 2," ujar para peneliti.

Daewoong Pharmaceutical berencana untuk segera memulai permohonan persetujuan produk dan meluncurkan obat tunggal Enavogliflozin dan kombinasi metformin secara bersamaan pada tahun 2023. Jeon Seung-ho, CEO Daewoong Pharmaceutical mengatakan, dengan keberhasilan klinis ini,
diharapkan akan segera tiba saatnya kita dapat meresepkan obat diabetes domestik terbaik di kelasnya untuk pasien domestik.

"Dengan merilis obat diabetes generasi berikutnya, kami akan mengurangi ketidaknyamanan pasien dan menjamin pertumbuhan perusahaan,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya