Konsumsi Sayur dan Buah Bisa Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Buah-buahan
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Memiliki berat badan ideal adalah dambaan setiap masyarakat. Salah satu hal yang umum dilakukan oleh masyarakat untuk mendapatkan berat badan yang ideal adalah dengan menjalankan diet atau mengatur pola makan.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Mengatur pola makan sendiri bermanfaat untuk mempertahankan dan menjaga berat badan. Selain itu, diet atau mengatur pola makan bermanfaat untuk menurunkan faktor risiko berbagai penyakit kronik seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.

Berbicara mengenai diet, beragam asumsi di masyarakat mengenai diet yang tepat adalah hanya dengan mengonsumsi sayur dan buah saja. Lantas benarkah demikian? Terkait hal itu, Spesialis Gizi Klinik, dr. Dian Permatasari, M.Gizi, Sp.GK angkat bicara.

Kolesterol Naik Usai Lebaran? Jangan Panik, Ini 5 Tips Menurunkannya

Dia menjelaskan bahwa,  mengonsumsi sayur dan buah memang baik saat diet namun bila diet hanya konsumsi sayur dan buah saja dapat menurunkan kadar gula darah yang sangat hebat dan menyebabkan kita lemas dan kurang energi.

"Sayur dan buah dapat dikonsumsi saat diet namun konsumsi juga zat gizi lainnya seperti karbohidrat, protein. saat diet konsumsi gizi pola seimbang menurunkan kalori dan melakukan aktivitas fisik atau olahraga," kata dia dalam program Hidup Sehat Plus, TvOne, Jumat 4 Maret 2022.

5 Minuman Sehat Sebelum Tidur untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Sayuran berdaun hijau

Photo :
  • Times of India

Selain itu, beberapa asumsi di masyarakat mengenai mengonsumsi lemak selama program diet. Tidak sedikit dari masyarakat yang menghindari konsumsi lemak agar berat badan mereka tidak naik. Terkait hal itu, Dian pun membenarkan. Dijelaskannya,  lemak akan hasilkan kalori yang lebih besar dibandingkan karbohidrat dan protein. Tetapi, kata Dian pada saat diet tetap dianjurkan konsumsi lemak namun yang dikonsumsi adalah lemak tidak jenuh.

"Lemak berfungsi cadangan energi tubuh dan untuk proses metabolisme tubuh, contoh lemak tidak jenuh didapatkan dari alpukat, ikan, minyak ikan, chia seed dan lainnya," kata dia.

Dian juga menjelaskan bahwa dalam proses diet untuk menurunkan berat badan yang perlu ditahan adalah keinginan untuk makan, bukan menahan rasa lapar. Sebab, lapar adalah proses fisiologis yang terjadi pada setiap orang termasuk orang yang sedang diet yang harus ditahan pada tahapan diet adalah nafsu makannya.

"Untuk menahan nafsu makan saat diet adalah konsumsi karbohidrat kompleks dan serat yang terdapat pada gandum, sayur, buah-buahan dan kacang-kacangan," tutur Dian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya