Cara Turunkan Hipertensi dengan Jus Buah Penyehat Jantung

Ilustrasi hipertensi.
Sumber :
  • Pixabay/rawpixel

VIVA – Tekanan darah tinggi atau hipertensi, dapat terjadi karena sejumlah alasan, tetapi faktor utamanya adalah pola makan. Menurut National Health Service (NHS), hipertensi dapat dicegah atau diturunkan dengan mengonsumsi makanan sehat, menjaga berat badan, berolahraga secara teratur hindari merokok dan alkohol.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

NHS lebih lanjut menyarankan untuk makan lebih banyak buah dan sayuran. Dan menurut beberapa penelitian, buah jeruk memiliki beberapa manfaat, salah satunya menyehatkan jantung.

Menurut studi The Role of Dietary Components in Modulating Hypertension yang dilakukan pada 2016, minum jus jeruk, lemon dan grapefruit dapat membantu mengurangi tekanan darah.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Namun, para ahli di Healthline mencatat, grapefruit dan jus grapefruit dapat mengganggu obat penurun tekanan darah pada umumnya.

Ilustrasi smoothie/jus buah.

Photo :
  • Pixabay
5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

"Jadi konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum menambahkan buah ini ke dalam diet Anda," kata situs kesehatan itu, dikutip VIVA dari laman Express, Kamis 14 April 2022. 

Studi lain yang dilakukan selama 5 bulan pada tahun 2014 yang melibatkan 101 wanita Jepang, para ilmuwan menemukan, asupan jus lemon setiap hari secara signifikan berkorelasi dengan pengurangan SBP, yaitu efek yang oleh para peneliti dikaitkan dengan kandungan asam sitrat dan flavonoid lemon. 

Alasan buah jeruk dan jus segarnya dianggap bermanfaat adalah karena banyaknya vitamin dan mineral di dalamnya. 

"Mereka sarat dengan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi," tulis Healthline.

Ilustrasi hipertensi.

Photo :
  • Pixabay/frolicsomepl

Terlepas dari jenis buah dan sayuran yang kamu sukai, NHS merekomendasikan untuk mengonsumsinya hingga 5 porsi per hari. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya