Cegah Lemas saat Puasa, Yuk Makan Sahur Pakai Ini

Ilustrasi gambar madu .
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Madu merupakan salah satu sumber nutrisi alami yang memiliki berbagai jenis vitamin dan mineral dengan manfaat luar biasa bagi tubuh. Tak heran, mengonsumsi madu juga sangat dianjurkan saat sahur ketika puasa ramadan kali ini.

Tips Mencerahkan Wajah Alami ala Orang Indonesia

Dokter spesialis farmakologi klinik, dr Lonah SpFK, dalam acara Hidup Sehat di TvOne, menyebut bahwa madu yang dikonsumsi saat sahur bisa menjadi sumber energi ketika berpuasa. Sebanyak 1 sdt madu, mencakup 17 gram karbohidrat dengan 35-48 indeks glikemik.

"Madu sangat baik sebagai sumber energi," tutur dokter Lonah, beberapa waktu lalu.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Kendati begitu, dokter Lonah menyarankan agar asupan madu disertai dengan sumber nutrisi lain seprrti kurma, sayur, serta buah-buahan dari tomat atau timun. Agar puasa lebih kuat, patut mengonsumsi porsi gizi seimbang yang mencakup karbohidrat, lemak, dan protein.

"Perlu ingat saat sahur beberapa makana yang wajib ada di meja makan seperti kurma atau sayuran dan buah. Perlu juga, ayam atau ikan utk bantu proses metabolisme serta lemak sehat contohnya alpukat dan ikan salmon," kata dia.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Dalam madu, dokter Lonah juga menyampaikan kandungan baik flavanoid yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Hal itu terbukti pada hewan uji coba, namun juga perlu disertai konsumsi sumber nutrisi yang baik.

Hal lain yang juga baik bagi Anda yang akan menjalankan puasa, bahwa asam lambung dapat dicegah dengan konsumsi madu. Sebab, madu bersifat sebagai gastroprotektor sehingga mampu melindungi selaput lendir di lambung.

"Madu dapat bantu proses penyembuhan luka lambung tersebut. Rasa tidak nyaman di lambung tidak cukup hanya madu misal makan sedikit demi sedikit, kurangi minuman soda dan kafein serta kelola stres secara bijak," kata dia.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya