Begini Cara yang Tepat Agar Puasa Bisa Turunkan Berat Badan

Timbangan berat badan
Timbangan berat badan
Sumber :

VIVA – Hari ini umat muslim di dunia telah memasuki hari ke-19 puasa. Berbicara mengenai puasa, selain dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan rasa syukur umat manusia, puasa juga bisa menjadi momen untuk memperbaiki kualitas tubuh seseorang.

Puasa sendiri diketahui berfungsi untuk mendetoksifikasi tubuh. Selain itu, puasa juga bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut diungkap oleh Spesialis Gizi Klinik, dr. Dian Permatasari, M.Gizi., Sp.GK.

"Diet di bulan puasa itu sangat tepat sekali karena frekuensi berkurang asupan makan bisa kita atur rendah kalori kita atur supaya tidak lapar dan ingin makan terus," katanya dalam program Hidup Sehat TVOne, Kamis 21 April 2022.

Puasa

Puasa

Photo :
  • U-Report

Namun, untuk bisa mendapatkan hasil berat badan turun saat puasa, Dian mengungkap penting bagi masyarakat mengatur asupan makan terutama saat sahur dan berbuka puasa.

"Atur supaya tidak lapar dan ingin makan terus caranya dengan menghindari bahan makanan," kata dia.

Untuk sahur, diungkap Dian utamakan mengonsumsi karbohidrat kompleks dan protein tinggi. Hal ini lantaran karbohidrat kompleks dan protein tinggi cenderung dicerna lebih lambat sehingga kenyang lebih lama.