Konsumsi Kopi Bisa Bantu Bakar Lemak, Ini Syaratnya

ilustrasi kopi.
Sumber :
  • Pixabay/acekreations

VIVA – Memangkas lemak dengan lebih cepat dan ampuh menjadi dambaan banyak orang agar memiliki tubuh yang ideal. Rupanya, ada sejumlah camilan rendah kalori yang juga baik untuk dikonsumsi serta mampu membakar lemak dengan lebih efektif.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Dokter spesialis gizi klinik, dr. Ida Gunawan, SpGK., dalam acara Hidup Sehat, tvOne, menuturkan bahwa memangkas lemak bisa dilakukan dengan memilah jenis makanan yang tepat. Salah satu yang dapat dipilih adalah kopi, minuman yang selalu menjadi favorit sebagian besar orang.

Minum secangkir kopi di pagi hari.

Photo :
  • U-Report
5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Kandungan terbaik di kopi yang terbukti mampu memangkas lemak adalah kafein. Akan tetapi, dokter Ida menyebut bahwa ada hal penting yang menjadi syarat agar kopi bisa memangkas lemak yakni dosisnya tinggi.

"Kopi bisa bakar lemak. Bermanfaat kalau dosisnya atas 700mg, tapi kan secangkir kopi paling 95 mg aja kafeinnya. Jadi kalau misal 700 mg, harus 7-8 cangkir, tapi harus hati-hati," jelasnya.

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Sebab, kafein yang dikonsumsi berlebihan bisa berisiko terhadap buruknya sensitivitas sistem pencernaan. Maka dari itu, untuk membakar lemak harus diiringi dengan pola makan baik lainnya. Bisa juga, memilih jenis asupan lain yang rendah kalori namun mengenyangkan sehingga ampuh membakar lemak.

"Yogurt ada probiotik. Begitu dikonsumsi maka akan ikut perkuat sistem pertahanan di usus besar. Bakteri-bakteri baik bisa bermanfaat untuk atur regulasi sistem tubuh," bebernya.

Bakteri baik tersebut mengatur dengan mengirim signal yang ditangkap otak untuk merasa kenyang. Maka, tubuh pun memproses dengan menekan nafsu makan. Selain itu, yogurt juga berkhasiat dalam melancarkan sistem pencernaan.

"Karena kerja di usus besar, perbaiki kondisi usus besar bab jadi lancar, imun sistem lebih baik. Otomatis bantu kita jadi lebih aktif dan semangat," jelasnya.

Tak boleh juga lupa agar selalu mengonsumsi sayur dan buah sebagai sumber serat. Sayur mayur sendiri bermanfaat untuk memangkas lemak lantaran kalori rendah namun kenyang tahan lama.

"Contoh wortel 100gram kalori 25. Sedikit sekali dibanding makan pakai minyak goreng 1 sdm sama dengan 100 kalori. Serat ini larut yang bisa masuk ke bakteri baik. Serat timbulkan rasa kenyang. Kondisi ini yang buat tubuh jadi lebih baik. Sayuran kan warna warni, kaya akan antioksidsn yang baik untuk regulasi semua sistem di tubuh," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya