6 Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Tubuh, Wajib Dipenuhi Setiap Hari!

Ilustrasi makanan sehat.
Ilustrasi makanan sehat.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA – Nutrisi adalah senyawa yang tidak dapat dibuat oleh tubuh dalam jumlah yang cukup. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), nutrisi harus berasal dari makanan dan sangat penting untuk mencegah penyakit, membantu pertumbuhan dan menjaga kesehatan. 

Nutrisi dibagi menjadi dua, yaitu nutrisi makro dan mikro. Protein, karbohidrat dan lemak termasuk ke dalam makronutrien, sementara vitamin dan mineral, masuk ke dalam kategori mikronutrien. 

Berikut enam kelompok utama makro dan mikronutrien penting yang dibutuhkan tubuh, dilansir Healthline, Sabtu 21 Mei 2022. 

Protein
Protein merupakan bahan pembangun tubuh yang tidak hanya bermanfaat untuk otot, tetapi setiap sel dari tulang, kulit hingga rambut, mengandung protein. Protein terutama bermanfaat untuk pertumbuhan, menjaga kesehatan dan pemeliharaan tubuh. 

Telur ayam (ilustrasi)

Telur ayam (ilustrasi)

Photo :
  • Freepik/freepik

Daging, ikan, dan telur merupakan sumber asam amino esensial yang baik. Namun, Anda bisa mendapatkan protein dari sumber makanan nabati, seperti kacang-kacangan, kedelai, dan beberapa biji-bijian. 

Karbohidrat
Karbohidrat tetap diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Karbohidrat merupakan bahan bakar untuk tubuh, terutama sistem saraf pusat dan otak, serta melindungi terhadap penyakit.