Jangan Diabaikan Jika Mengalami Keluhan Ini, Bisa Tanda Awal Kanker

Ilustrasi kanker.
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Sebuah penelitian menemukan bahwa keluhan yang umum bisa menjadi tanda awal kanker mematikan, jadi waspadalah. Pasien yang menderita batu empedu lebih mungkin didiagnosis dengan adenokarsinoma duktus pankreas (PDAC).

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Penelitian baru menemukan orang-orang ini enam kali lebih mungkin untuk mengembangkan kanker agresif, demikian dilansir dari The Sun. Bisa jadi pasien bendera merah dapat didiagnosis dalam tahun jika mereka memiliki penyakit batu empedu.

PDAC adalah jenis kanker pankreas yang paling umum, membuat lebih dari 90 persen kasus. Seringkali berakibat fatal karena biasanya ditemukan pada stadium lanjut.

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

Marianna Papageorge, MD, peneliti utama pada studi dan rekan peneliti di Boston Medical Center, mengatakan: “Kanker pankreas bisa sulit untuk didiagnosis dan kemudian peluang untuk bertahan hidup sangat tipis.

"Temuan kami menunjukkan bahwa penyakit batu empedu mungkin merupakan cara untuk mendiagnosis jenis kanker ini dengan lebih baik - yang berarti kami dapat menyelamatkan lebih banyak nyawa.

Terpopuler: Bagian Tubuh Ini Bisa Prediksi Ukuran Penis, hingga Faktor Risiko Kanker Serviks

“Penyakit batu empedu tidak menyebabkan kanker pankreas tetapi memahami hubungannya dengan PDAC dapat membantu memerangi tingkat kematian yang tinggi dengan kanker pankreas dengan memberikan kesempatan untuk diagnosis dan pengobatan lebih dini.

Marianna Papageorge, menambahkan, ini adalah penyakit yang mengerikan, dan kelangsungan hidup sangat rendah.

Sakit perut

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Penyakit radang usus adalah istilah yang mengacu pada penyakit Crohn dan kolitis ulserativa, dua kondisi peradangan yang menyerang 1,6 juta orang Amerika.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024