Gerakan Ini Bisa Bantu Atasi Nyeri Asam Urat

Ilustrasi asam urat.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifetsyle – Penyakit asam urat menjadi salah satu penyakit yang paling banyak dikeluhkan terutama oleh orang tua dewasa. Asam urat sendiri adalah produk limbah yang terbentuk dari pemecahan purin.

Apa Itu Frozen Shoulder? Dapat Sebabkan Seseorang Sulit Gerakan Bahu

Purin sendiri adalah zat yang dapat ditemukan secara alami di dalam tubuh dan dalam makanan. Jika kadar asam urat dalam darah melebihi ambang normal, hal itu bisa menyebabkan penyakit asam urat atau gout.

Penyakit asam urat bisa mengakibatkan nyeri sendi akibat adanya kristal asam urat yang menumpuk. Dijelaskan, Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, dr. Ibrahim Agung, Sp.KFR bahwa masalah asam urat bisa mengenai berbagai macam organ atau tubuh kita diantara yang paling terkena asam kaki adalah di bagian kaki terutama di bagian jempol, atau jari kaki atau jari lain.

Hati-Hati Nyeri Bahu Tak Kunjung Hilang Selama 2 Hari, Waspada Komplikasi Kelumpuhan

"Asam urat ini bisa menyebabkan dua masalah utama yang pertama nyeri akibat asam urat, kedua asam urat bisa menyebabkan kelelahan pada otot-otot kaki," kata dia dalam program Hidup Sehat TvOne, Rabu 29 Juni 2022.

Di sisi lain, untuk mengobati asam urat Penanganan penyakit asam urat tak selalu membutuhkan obat. Ada beberapa cara mengatasi asam urat secara alami yang bisa dilakukan dengan latihan olahraga ringan di rumah. Lantas seperti apa latihannya? Berikut ini penjelasan Ibrahim.

Usia 30-an Sudah Kena Nyeri Sendi, Normalkah?

Diungkap Ibrahim, keluhan yang sering dikeluhkan penderita asam urat adalah adanya nyeri atau sakit yang amat sangat pada kaki atau jari jempol. Keluhan nyeri dapat diatasi dengan berjalan di atas permukaan tidak rata atau bebatuan yang tidak tajam.

"Tujuan berjalan memberikan efek pemijatan pada bagian kaki ketika kita berjalan di atas permukaan tidak rata, efek dari pemijatan itu maka penderita asam urat akan merasakan keluhan rileks pada bagian kaki yang merasakan nyeri. Anda dapat melakukan jalan ini 15 sampai dengan setengah jam setiap hari untuk kurangi gejala nyeri asam urat," tutur Ibrahim.

Masalah asam urat kedua, kata Ibrahim adalah adanya kekakuan atau kelemahan di sekitar otot kaki. Untuk itu, Anda harus latihan atau olahraga. Ibrahim menjelaskan, latihan pertama yang bisa dilakukan adalah latihan peregangan.

"Asam urat akan sebabkan kekakuan pada otot-otot di kaki dan betis maka kita lakukan gerakan tarik bagian ujung kaki hingga rasakan nyaman pada area betis, hitung selama 10 hitungan, kemudian relaksasi lakukan sebanyak 5 kali," ujar dia.

Kemudian masalah kedua pada penderita asam urat adalah adanya kelemahan di sekitar otot kaki kita. Maka latihan kedua penguatan otot kaki.

"Letakan handuk di permukaan lantai lalu gunakan jari kaki menarik handuk, dengan gerakan ini kekuatan otot di kaki. Usahakan handuk terlipat ke arah tumit. Latihan penguatan ini bisa dilakukan 10 kali dengan 3x repetisi," kata dia menjelaskan.

Penyakit asam urat di kaki.

Photo :
  • U-Report

Tidak hanya di otot kaki saja, Ibrahim menjelaskan bahwa penyakit asam urat bisa serang sendi lainnya salah satunya sendi lutut dan sendi bahu. Untuk atasi nyeri bahu, maka seharusnya dapat diistirahatkan namun tetap bergerak untuk memastikan tidak ada batasan dalam gerak bahu. Yang bisa dilakukan gerakan sendi pasif.

Diungkap Ibrahim, latihan olahraga ini bisa menggunakan kursi, meja sebagai tumpuan gerak, dan pastikan tubuh yang bergerak dan melemaskan sendi bahu untuk tidak bergerak.  

"Posisikan tubuh kita yang bergerak adalah tubuh kita dengan bersandar pada kursi. Pastikan sendi bahu rileks yang bergerak adalah tubuh, lakukan gerakan berputar seperti peluru atau bandul. Pastikan posisinya menyilang, kalau bahu kanan yang nyeri maka sisi kiri sebagai tumpuan. Tujuan gerakan ini melepaskan perlengketan pada sendi bahu yang sebelumnya sangat lengket," kata dia.

Dijelaskan Ibrahim gerakan ini bisa dilakukan sebanyak 10 kali atau sampai keluhan nyeri bahu semakin berkurang. Namun, perlu diperhatikan gerakan ini tidak boleh dilakukan pada saat peradangan akut, yang ditandai dengan jempol bengkak, diraba hangat.

Kemudian, gerakan bahu juga bisa dilakukan untuk mengatasi masalah nyeri di sendi bahu akibat asam urat. Caranya dengan mengangkat lengan ke atas, dan angkat lengan ke samping.

Gunakan dinding, pastikan dua jari-jari menempel pada dinding dengan tangan lurus, kemudian seperti anak tangga, jari menaiki tembok kita maju memastikan sendi ini bisa naik ke atas.

"Gerakan kedua adalah gerakan menyamping, pastikan dua jari seperti menaiki anak tangga kita meningkatkan atau angkat bahu sampai nyeri bahu menurun. Tujuan melemaskan dan meningkatkan lingkup gerak sendi bahu. dilakukan bisa diulang 10 kali dengan 3 kali repetisi. 10 kali di pagi, 10 kali di siang, dan 10 kali di malam hari," papar Ibrahim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya