Gerakan Ini Bisa Bantu Atasi Nyeri Asam Urat

Ilustrasi asam urat.
Ilustrasi asam urat.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifetsyle – Penyakit asam urat menjadi salah satu penyakit yang paling banyak dikeluhkan terutama oleh orang tua dewasa. Asam urat sendiri adalah produk limbah yang terbentuk dari pemecahan purin.

Purin sendiri adalah zat yang dapat ditemukan secara alami di dalam tubuh dan dalam makanan. Jika kadar asam urat dalam darah melebihi ambang normal, hal itu bisa menyebabkan penyakit asam urat atau gout.

Penyakit asam urat bisa mengakibatkan nyeri sendi akibat adanya kristal asam urat yang menumpuk. Dijelaskan, Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, dr. Ibrahim Agung, Sp.KFR bahwa masalah asam urat bisa mengenai berbagai macam organ atau tubuh kita diantara yang paling terkena asam kaki adalah di bagian kaki terutama di bagian jempol, atau jari kaki atau jari lain.

"Asam urat ini bisa menyebabkan dua masalah utama yang pertama nyeri akibat asam urat, kedua asam urat bisa menyebabkan kelelahan pada otot-otot kaki," kata dia dalam program Hidup Sehat TvOne, Rabu 29 Juni 2022.

Di sisi lain, untuk mengobati asam urat Penanganan penyakit asam urat tak selalu membutuhkan obat. Ada beberapa cara mengatasi asam urat secara alami yang bisa dilakukan dengan latihan olahraga ringan di rumah. Lantas seperti apa latihannya? Berikut ini penjelasan Ibrahim.

Diungkap Ibrahim, keluhan yang sering dikeluhkan penderita asam urat adalah adanya nyeri atau sakit yang amat sangat pada kaki atau jari jempol. Keluhan nyeri dapat diatasi dengan berjalan di atas permukaan tidak rata atau bebatuan yang tidak tajam.

"Tujuan berjalan memberikan efek pemijatan pada bagian kaki ketika kita berjalan di atas permukaan tidak rata, efek dari pemijatan itu maka penderita asam urat akan merasakan keluhan rileks pada bagian kaki yang merasakan nyeri. Anda dapat melakukan jalan ini 15 sampai dengan setengah jam setiap hari untuk kurangi gejala nyeri asam urat," tutur Ibrahim.