Manfaat Vitamin C, dari Pemeliharaan Kulit Hingga Kekebalan Tubuh

Jeruk sumber vitamin C.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Kita telah mengetahui selama bertahun-tahun bahwa untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bahagia, kita perlu memasukkan pola makan yang seimbang. Diet yang penuh dengan nutrisi penting dan vitamin. Salah satu vitamin tersebut adalah Vitamin C

Tips Mencerahkan Wajah Alami ala Orang Indonesia

Bagian yang sulit adalah, meskipun tubuh kita sangat membutuhkan vitamin C untuk makanannya, ia tidak membuatnya sendiri. Inilah yang membuat vitamin C menjadi bagian yang sangat penting dari diet kita. 

Juga dikenal sebagai asam L-askorbat, vitamin C adalah antioksidan yang larut dalam air dan mikronutrien penting bagi tubuh manusia. Karena kita tidak dapat memproduksi vitamin C, vitamin C dapat dimasukkan melalui sumber makanan, terutama melalui buah jeruk dan sayuran.

Peduli Anak Kanker, Para Pelajar SMA Gelar Patterns of Hope

Dilansir dari Pinkvillla, Sabtu 9 Juli 2022, National Institutes of Health (NIH) menyatakan bahwa seorang wanita dewasa membutuhkan sekitar 75 miligram vitamin C per hari, sedangkan pria dewasa membutuhkan sekitar 90 miligram. Tapi, apa sebenarnya fungsi vitamin C?

Peran vitamin C dalam tubuh

Penampilan Publik Raja Charles Usai Divonis Kanker, Kembali Jalani Tugas Kerajaan

Saat Anda memasukkan vitamin C ke dalam rejimen Anda, ia berfungsi untuk meningkatkan kekebalan, dan berfungsi sebagai sumber antioksidan penting, bersama dengan itu ia bekerja untuk mempercepat sintesis kolagen alami. 

Faktanya, telah terbukti secara ilmiah bahwa vitamin C membantu mengatasi beberapa kondisi kesehatan sekaligus meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 

Untuk penyakit kanker 

Kanker Payudara. Foto: pixabay.com

Photo :
  • vstory

Hal ini termasuk kanker, penyakit kardiovaskular, dan penyakit mata. Bersamaan dengan itu, membantu dalam manajemen gula darah, fungsi kekebalan alami, kesehatan kognitif, dan yang paling penting kesehatan kulit.

Sejumlah peneliti telah membuktikan bahwa vitamin C berfungsi sebagai agen pelindung terhadap kanker. Bahkan, itu bahkan berfungsi sebagai suplemen penting untuk pasien kanker. 

Selain meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan, ia bekerja untuk mengurangi rasa sakit, dan secara signifikan meningkatkan tingkat kelangsungan hidup pada pasien kanker.

Untuk penyakit kardiovaskular

Ketika datang ke penyakit kardiovaskular, telah terbukti bahwa kekurangan vitamin C dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. 

Suplementasi vitamin C dapat meningkatkan fungsi endotel secara keseluruhan bersama dengan tingkat tekanan darah; dua tingkat ini menyiratkan kesehatan kardiovaskular seseorang.

Penyakit mata

Ketika datang ke hilangnya ketajaman visual atau penyakit mata, vitamin C dapat bekerja untuk memperlambat perkembangannya. Terlepas dari degenerasi makula terkait usia lanjut, asupan Vitamin C yang tepat juga dapat mencegah penyakit terkait mata seperti katarak dan retinopati diabetik.

Fungsi kekebalan

Vitamin C.

Photo :
  • U-Report

Vitamin C selalu menjadi bahan hyped-up ketika datang untuk meningkatkan kekebalan dan memang demikian. Asupan vitamin C yang tepat dapat mempertahankan fungsi seluler yang sehat dari sistem kekebalan alami dan adaptif. 

Terbukti bahwa kekurangan vitamin C membuat tubuh manusia lebih rentan terhadap infeksi termasuk flu biasa. Oleh karena itu, suplemen vitamin C dapat membantu dalam pencegahan serta pengobatan infeksi saluran pernapasan atas. 

Faktanya, penelitian yang sedang berlangsung juga menunjukkan bahwa suplemen vitamin C dapat mengurangi durasi flu biasa pada anak-anak dan orang dewasa.

Kesehatan kognitif

Para peneliti telah membuktikan bahwa orang dengan gangguan kesehatan kognitif memiliki kadar vitamin C yang relatif lebih rendah. Faktanya, juga ditetapkan bahwa asupan vitamin C yang tepat dapat meningkatkan fungsi sistem saraf. 

Plus, diketahui memperkuat neurotransmisi yang meningkatkan memori, proses belajar, dan gerakan. Penelitian yang sedang berlangsung juga menunjukkan bahwa konsumsi vitamin C yang tepat dapat sangat mengurangi kejadian penyakit Alzheimer.

Manajemen gula darah

Ilustrasi cek gula darah

Photo :
  • Bio Insuleaf

Suplementasi vitamin C yang seimbang diketahui dapat meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Studi telah membuktikan bahwa penurunan kadar glukosa darah terkait erat dengan suplementasi vitamin C pada individu dengan diabetes tipe 2.

Kesehatan kulit

Terlepas dari semua manfaat kesehatan, vitamin C terbukti memberikan cahaya berembun yang sehat jika dikonsumsi secara memadai. Penggabungan vitamin C dalam diet serta dalam rutinitas perawatan kulit dapat mempercepat proses pembentukan kolagen alami sambil menetralkan radikal bebas yang merusak kulit. 

Vitamin C bahkan menurunkan produksi melanin alami, yang membantu memberikan kulit yang lebih cerah dan tampak lebih muda. Tidak hanya itu, ia mencegah penyakit kulit seperti melasma dan bahkan mengurangi tanda-tanda penuaan yang terlihat seperti hiperpigmentasi, bintik-bintik penuaan, kerutan, dan bahkan garis-garis halus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya