Cuaca Ekstrem, Dokter Ingatkan Penuhi Asupan Air Minum

Ilustrasi minum air/air putih.
Sumber :
  • Pexels/Karolina Gabrowska

VIVA Lifestyle – Menurut survei PW Laksmi yang dipublikasikan di European Journal of Nutrition pada 2018, 1 dari 4 orang dewasa Indonesia belum cukup minum.

Suhu Capai 39 Derajat, Ini Tips Agar Tetap Fit Sampai Puncak Ibadah Haji

Temuan ini menunjukkan bahwa banyak orang berisiko mengalami dehidrasi, terutama di saat menghadapi cuaca ekstrem yang tak menentu, seperti cuaca panas.

Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK, Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG) menjelaskan bahwa salah satu kunci penting untuk menjaga kesehatan terutama dalam menghadapi cuaca yang tak menentu seperti sekarang adalah dengan memenuhi kebutuhan asupan air minum.

Minum Air Dingin di Cuaca Panas Terik, Bisa Sebabkan Stroke?

Air minum

Photo :
  • Times of India

"Selain jenis kelamin dan usia, faktor lain yang dapat mempengaruhi kebutuhan air adalah suhu, kelembaban dan lingkungan," kata dia dalam webinar konferensi pers virtual Danone-Aqua Ajak Keluarga Indonesia Jaga Kesehatan di Tengah Cuaca Ekstrem dengan Air Minum berkualitas, Rabu 24 Agustus 2022.

Viral Aksi OB Isikan Air Minum untuk Seluruh Karyawan, Tindakannya Tuai Pro dan Kontra

Dokter Diana menambahkan, ada banyak manfaat air bagi tubuh, di antaranya untuk pembentukan sel dan cairan tubuh, pengatur suhu tubuh, mendukung ketahanan fisik anak, mengeluarkan zat tidak berguna dari dalam tubuh, hingga mendukung fungsi kogniti atau konsentrasi.

"Sebagai zat gizi makro, pada tahun 2013, air masuk dalam AKG (Angka Kecukupan Gizi) untuk orang Indonesia,” tambahnya.

Menurut Kementerian Kesehatan RI mengenai Angka Kecukupan Gizi bagi Orang Indonesia, orang dewasa membutuhkan sekitar 2 liter atau kurang lebih 8 gelas air minum setiap harinya. Kebutuhan ini dapat bertambah sesuai dengan kondisi, misalnya ibu hamil dan menyusui.

“Kurang minum dapat menyebabkan dehidrasi yang dapat berdampak pada kesehatan, di antaranya seperti mudah lelah, daya ingat dan konsentrasi menurun, jika terjadi secara berkepanjangan dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis, bahkan meningkatkan resiko kegemukan," jelas dr. Diana.

Selain kuantitas, dr. Diana juga mengingatkan untuk memperhatikan kualitas air yang kita minum. Sebab, air dapat tercemar oleh bakteri dan senyawa berbahaya penyebab penyakit. Karenanya, sebaiknya pilih air minum yang berasal dari sumber terlindungi dan diproses sesuai dengan standar kesehatan.

Ilustrasi air asin

Photo :
  • Pexels

Seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya memenuhi kebutuhan asupan air minum yang berkualitas dalam menjaga kesehatan keluarga, Danone-AQUA menghadirkan program AQUA Home Service (AHS).

"AQUA Home Service (AHS) hadir sebagai inovasi yang bertujuan untuk membantu menjaga kesehatan sekaligus meningkatkan kesejahteraan keluarga Indonesia Dengan kehadiran AHS, konsumen memiliki akses lebih mudah dalam mendapatkan air galon Danone-AQUA yang terjamin kualitasnya di lingkungan tempat tinggal mereka melalui gerai-gerai AHS yang tersedia,” kata Ratih Retno Purwaningrum, Emerging Channel Director Danone-AQUA.

Rati menambahkan, program ini juga bisa menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat yang ingin berwirausaha dengan waktu kerja fleksibel. Caranya, dengan menjadi mitra.

"Dengan menjadi mitra AHS, banyak bimbingan dan dukungan yang kami berikan seperti pelatihan finansial dalam berbisnis dan dukungan beragam alat marketing yang dapat bermanfaat dalam menjalankan usaha mereka,” lanjut Ratih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya