Waspadalah, Ini Gejala HIV yang Lemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ilustrasi HIV.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah virus yang menyebabkan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS). HIV melemahkan sistem kekebalan Anda dengan menghancurkan sel-T Anda sampai Anda tidak mampu melawan penyakit ringan sekalipun. 

Dokter Boyke Ungkap Gaya Bercinta Ini Nikmat Tapi 100 Kali Berisiko Tularkan HIV/AIDS

Anda dapat memiliki HIV tanpa gejala apapun. Diuji dan memulai perawatan lebih awal memberi Anda peluang terbaik untuk berumur panjang. HIV sendiri adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus.

Ilustrasi HIV

Photo :
  • Times of India
Beri Proteksi Cegah HIV hingga Kehamilan Tak Diinginkan, Begini Cara Pakai Kondom yang Benar

HIV menginfeksi dan menghancurkan sel-sel sistem kekebalan Anda, sehingga sulit untuk melawan penyakit lain. Ketika HIV telah sangat melemahkan sistem kekebalan Anda, itu dapat menyebabkan sindrom imunodefisiensi yang didapat (AIDS).

Karena HIV bekerja mundur untuk memasukkan instruksinya ke dalam DNA Anda, itu disebut retrovirus.

Bantah Tudingan Venny Alberti Tularkan Penyakit Kelamin, Akash Elahi: Saya Siap Tes HIV Lagi

HIV juga merupakan infeksi menular seksual (IMS), yang dapat menyebar melalui kontak dengan darah yang terinfeksi dan dari penggunaan narkoba suntikan atau berbagi jarum suntik.

Ini juga dapat menyebar dari ibu ke anak selama kehamilan, persalinan atau menyusui. Tanpa pengobatan, mungkin diperlukan waktu bertahun-tahun sebelum HIV melemahkan sistem kekebalan Anda hingga Anda mengidap AIDS .

Apa yang HIV lakukan pada seseorang?

Ilustrasi HIV/AIDS.

Photo :
  • Freepik

HIV menginfeksi sel darah putih dari sistem kekebalan Anda yang disebut sel CD4, atau sel T pembantu. Ini menghancurkan sel CD4, menyebabkan jumlah sel darah putih Anda turun.

Ini membuat Anda memiliki sistem kekebalan yang tidak dapat melawan infeksi, bahkan infeksi yang biasanya tidak membuat Anda sakit.

HIV awalnya membuat Anda merasa sakit dengan gejala seperti flu. Kemudian dapat bersembunyi di tubuh Anda untuk waktu yang lama tanpa menimbulkan gejala yang nyata.

Selama waktu itu, perlahan-lahan menghancurkan sel-T Anda. Ketika sel T Anda menjadi sangat rendah atau Anda mulai terkena penyakit tertentu yang tidak didapatkan oleh orang dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat, HIV telah berkembang menjadi AIDS.

AIDS dapat menyebabkan penurunan berat badan yang cepat, kelelahan yang luar biasa, sariawan pada mulut atau alat kelamin, demam, keringat malam dan perubahan warna kulit.

Penyakit dan kanker lain sering terjadi pada orang yang hidup dengan AIDS dan dapat menyebabkan gejala tambahan.

Siapa yang mempengaruhi HIV?

Ilustrasi HIV.

Photo :
  • U-Report

Adalah mitos bahwa HIV hanya menginfeksi orang-orang tertentu. Siapapun bisa tertular HIV jika mereka terpapar virus tersebut. Berhubungan seks tanpa kondom atau berbagi jarum suntik untuk menyuntikkan narkoba adalah cara paling umum penyebaran HIV.

Beberapa populasi secara statistik lebih terpengaruh oleh HIV daripada yang lain. Kelompok yang terkena dampak HIV secara tidak proporsional meliputi:

  • Orang yang mengidentifikasi diri sebagai gay, biseksual dan laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki (LSL).
  • Ras tertentu seperti orang yang berkulit hitam atau Hispanik.
  • Mereka yang menukar seks dengan uang atau barang lain juga berisiko tinggi terinfeksi HIV.

Meskipun ini bukan satu-satunya populasi yang terkena dampak HIV, penting untuk mempertimbangkan bahwa mereka menghadapi hambatan unik untuk mengakses perawatan pencegahan, menjalani test dan menerima pengobatan komprehensif.

Homofobia, rasisme, kemiskinan dan stigma sosial seputar HIV terus mendorong ketidakadilan dan menghalangi orang mengakses layanan kesehatan berkualitas tinggi.

Seberapa umumkah HIV?

Ilustrasi virus HIV.

Photo :
  • www.pixabay.com/typographyimages

Jumlah infeksi HIV baru telah menurun. Pada 2019, 1,2 juta orang di AS hidup dengan HIV. Sekitar 13% dari mereka tidak tahu bahwa mereka memilikinya, itulah sebabnya mengapa tes rutin untuk HIV itu penting.

Gejala HIV

Infeksi HIV terjadi dalam tiga tahap. Tanpa pengobatan, penyakit ini akan semakin buruk seiring waktu dan akhirnya mengalahkan sistem kekebalan Anda.

Gejala HIV Anda akan tergantung pada stadium Anda, nah berikut beberapa tahapan gejala HIV yang telah kami rangkum melansir dari laman webmd.com:

Tahap Pertama: Gejala Infeksi HIV Akut

Kebanyakan orang tidak langsung tahu kapan mereka telah terinfeksi HIV. Tetapi mereka mungkin memiliki  gejala dalam 2 hingga 6 minggu  setelah mereka terkena virus.

Ini adalah saat sistem kekebalan tubuh Anda melawan. Ini disebut sindrom retroviral akut atau infeksi HIV primer.

Gejalanya mirip dengan penyakit virus lainnya, dan sering dibandingkan dengan  flu . Mereka biasanya berlangsung satu atau dua minggu dan kemudian pergi. Tanda- tanda awal HIV meliputi   :

  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Otot sakit
  • Sakit tenggorokan
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Ruam merah   yang tidak  gatal , biasanya pada tubuh Anda
  • Demam
  • Bisul (luka) di mulut, kerongkongan, anus, atau alat kelamin
  • Sakit kepala dan gejala neurologis lainnya

Jika Anda memiliki gejala seperti ini dan mungkin telah melakukan kontak dengan seseorang dengan HIV dalam 2 hingga 6 minggu terakhir, pergilah ke dokter dan minta Anda untuk melakukan tes HIV.

Jika Anda tidak memiliki gejala tetapi masih berpikir Anda mungkin telah melakukan kontak dengan virus, lakukan tes. Pengujian awal penting karena dua alasan.

Pertama, pada tahap ini, tingkat HIV dalam darah  dan cairan tubuh Anda sangat tinggi. Ini membuatnya sangat menular. Kedua, memulai pengobatan sesegera mungkin dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda dan meringankan gejala Anda.

Kombinasi  obat  (disebut obat HIV, terapi antiretroviral, atau ART) dapat membantu melawan HIV, menjaga sistem kekebalan Anda tetap sehat, dan mencegah Anda menyebarkan virus.

Jika Anda minum obat ini dan memiliki  kebiasaan sehat , infeksi HIV Anda mungkin tidak akan bertambah parah.

Tahap Kedua: Gejala Latensi Klinis

Setelah sistem kekebalan Anda kalah dalam pertempuran dengan HIV, gejala seperti flu akan hilang. Tapi ada banyak hal yang terjadi di dalam tubuh Anda. Dokter menyebut ini periode tanpa gejala atau infeksi HIV kronis.

Di tubuh Anda, sel yang disebut sel T CD4 mengoordinasikan respons sistem kekebalan Anda. Selama tahap ini, HIV yang tidak diobati akan membunuh sel CD4 dan menghancurkan sistem kekebalan Anda.

Dokter Anda dapat memeriksa berapa banyak sel yang Anda miliki dengan tes darah. Tanpa pengobatan, jumlah sel CD4 akan turun, dan Anda akan lebih mungkin terkena infeksi lain.

Kebanyakan orang tidak memiliki gejala yang dapat mereka lihat atau rasakan. Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda terinfeksi dan dapat menularkan HIV kepada orang lain.

Jika Anda memakai  ART , Anda mungkin tetap berada dalam fase ini selama beberapa dekade. Anda dapat menularkan virus ke orang lain, tetapi sangat jarang jika Anda minum obat.

Tahap Ketiga: Gejala AIDS

AIDS  adalah stadium lanjut dari infeksi HIV. Ini biasanya ketika jumlah sel T CD4 Anda turun di bawah 200 dan sistem kekebalan Anda rusak parah. Anda mungkin mendapatkan infeksi oportunistik, penyakit yang lebih sering terjadi dan lebih buruk pada orang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah.

Beberapa di antaranya, seperti sarkoma Kaposi (suatu bentuk kanker kulit) dan pneumocystis pneumonia (penyakit paru -paru), juga dianggap sebagai “penyakit terdefinisi AIDS.”

Jika Anda tidak tahu sebelumnya bahwa Anda terinfeksi HIV, Anda mungkin menyadarinya setelah Anda memiliki beberapa gejala berikut:

  • Menjadi  lelah  sepanjang waktu
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di leher atau selangkangan Anda
  • Demam yang berlangsung lebih dari 10 hari
  • Keringat malam
  • Penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas
  • Bintik-bintik keunguan pada  kulit Anda  yang tidak kunjung hilang
  • Sesak napas
  • Diare parah yang berlangsung lama 
  • Infeksi jamur  di  mulut , tenggorokan, atau  vagina
  • Memar  atau berdarah yang tidak bisa Anda jelaskan
  • Gejala neurologis seperti kehilangan ingatan, kebingungan, masalah keseimbangan, perubahan perilaku, kejang, dan perubahan penglihatan

Orang dengan AIDS yang tidak minum obat hidup sekitar 3 tahun, atau kurang jika mereka mendapatkan infeksi lain. Tetapi HIV masih dapat diobati pada tahap ini.

Jika Anda mulai menggunakan obat HIV, tetap menggunakannya, ikuti saran dokter Anda, dan pertahankan kebiasaan sehat, Anda bisa hidup lama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya