Menu Makan Malam Lezat Bernutrisi, Cocok untuk Pengidap Hipertensi

Brokoli
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Seringkali asupan makanan khas Nusantara tinggi dengan garam sehingga rasanya dinilai lebih lezat dan nikmat di lidah. Sayangnya, asupan tinggi garam itu justru membahayakan kesehatan lantaran rentan diintai hipertensi. Nah, agar bisa makan enak tanpa khawatir hipertensi, ada resep menu sehat dari dokter ahli gizi.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Dalam tayangan Hidup Sehat, TvOne, beberapa waktu lalu, dokter spesialis gizi klinik, dr. Diana Suganda, mengatakan bahwa para penderita hipertensi harus bisa membatasi asupan garam. Namun yang cenderung disalahpahami adalah sumber garam itu sendiri yang akhirnya bisa hadir di tiap makanan. Yuk scroll selengkapnya di bawah ini.

"Bukan hanya garam dapur tapi makanan kalengan dan olahan. Paling bagus bahan olahan segar seperti ayam mentah. Daripada kornet atau sosis lebih baik daging sapi asli tapi bagian tanpa lemak," ujarnya.

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Ilustrasi hipertensi.

Photo :
  • U-Report

Selain itu, asupan protein sebaiknya diiringi dengan konsumsi berbagai jenis sayur dan buah sehingga kebutuhan antioksidan bisa tercukupi. Untuk itu, dokter Diana Suganda mengatakan menu yang pas dan tepat adalah capcay tahu dan ayam.

Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Harian, Sayuran dan Buah Ini Sangat Rendah Protein

Pilihan bahan protein dari ayam karena tinggi protein serta mengandung asam amino. Sebaiknya pilih yang tanpa kulit. Selain itu, tahu bisa melengkapi protein nabati dengan kandungan antioksidan dan serat tinggi.

"Tahu dari kedelai, bagus untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Jadi bagus untuk penderita hipertensi," kata dia.

Sementara itu, sumber sayurannya berasal dari wortel, kailan, sawi putih, brokoli, dan jagung muda. Pada wortel mengandung vitamin c dan mineral. Kailan pun mengandung protein. Sementara, sawi putih juga mengandung vitamin mineral.

WOrtel

Photo :
  • Eat This

Untuk brokoli mengandung tinggi magnesium dan seratnya. Terakhir, jagung muda bisa menambah cita rasa serta serat yang baik untuk pencernaan. Dalam mengolahnya, disarankan memakai bumbu alami seperti bawang putih dan bawang bombay untuk rasa gurih dan manis. Serta cabai untuk memberi kekayaan rasa.

Cara membuat:

Potong dadu ayam
Potong dadu tahu
Potong sayuran sesuai selera
Geprek bawang putih
Iris bawang bombai dan cabe

Panaskan minyak, tumis bumbu, kecilkan api, tinggu bumbu sampai harum.
Masukan ayam sampai matang. Lalu tambah wortel, brokoli dan sayuran lain.
Tambah 1 sdt garam, 1 sdt gula dan Saus tiram secukupnya
Masukan tahu, tunggu hingga matang. Siap disajikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya