Bisakah Kunyit Atasi Masalah Lambung?

Kunyit.
Sumber :

VIVA Lifestyle  – Tak sedikit referensi yang menjelaskan bahwa manfaat kunyit atasi masalah lambung. Namun apakah benar demikian? Seperti diketahui kunyit banyak mengandung senyawa antiradang dan antioksidan. Kunyit juga mengandung bahan aktif yaitu kurkumin, bahan yang disebut memberi manfaat untuk kesehatan.

Khasiat Kacang Mete, Jaga Tulang dan Imunitas Tubuh

Kurkumin memiliki kemampuan sebagai antivirus, antibakteri, serta antikanker. Seluruh kandungan itu ternyata memang bisa membantu mengatasi masalah pada lambung. Melansir Healthline, kunyit kaya akan senyawa antiperadangan dan antioksidan. Dalam pengobatan tradisional China dan Ayurveda, kunyit digunakan untuk mengobati nyeri haid, radang sendi, serta meningkatkan fungsi percernaan dan hati.

Penyakit pada lambung umumnya terjadi karena peradangan dan stres oksidatif yang dapat diobati dengan antiradang dan antioksidan. Kunyit dan kandungan kurkumin disebut memiliki sifat antioksidan dan antiradang. Maka dari itu, kunyit bisa menjadi salah satu bahan alami untuk membantu meredakan masalah pada lambung, seperti yang dijelaskan dari laman halodoc.

Menguak Manfaat Ajaib Buah Manggis untuk Kesehatan Tubuh

Mengutip laman The Health Site, kurkumin dalam kunyit diyakini dapat menjadi obat yang baik untuk penyakit lambung yang disebabkan oleh peradangan dan ulserasi. Hal ini diungkapkan oleh Snehasikta Swarnakar, ilmuwan senior di Divisi Diagnostik dan Bioteknologi Pengembangan Obat di Indian Institute of Chemical Biology (IICB).

Kunyit

Photo :
  • U-Report

Gampang Kenyang Padahal Baru Makan Sedikit Ternyata Bukan Kondisi Normal, Ini Sebabnya

Studi yang dipublikasikan di International Journal of Molecular Sciences juga mengungkapkan hal senada. Disebutkan bahwa bukti yang ada menunjukkan bahwa kurkumin mampu mengerahkan berbagai sifat pleiotropik yang bermanfaat di saluran pencernaan, seperti perlindungan terhadap refluks esofagitis, kerongkongan Barrett, dan kerusakan mukosa lambung yang disebabkan oleh obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) dan agen nekrotikan.

Cara mengobati asam lambung dengan kunyit

Refluks asam lambung, sakit lambung, gerd

Photo :
  • Pixabay/ Robystarm

Anda gunakan batang atau rimpang kunyit yang dikeringkan lalu ditumbuk menjadi bubuk. Anda Gunakan bubuk kunyit tersebut untuk membuat minuman atau campuran memasak. Melansir Web MD, dosis kunyit yang direkomendasikan untuk mengobati asam lambung adalah 500 miligram curcumin setara dengan 1/2 sendok teh bubuk kunyit per hari. 

Hal yang perlu diingat, tubuh manusia tak mudah menyerap kunyit. Sebab, bahan alami ini diekstrak dengan cepat oleh hati dan dinding usus.  Salah satu cara untuk meningkatkan penyerapan kunyit bisa dengan mencampurkannya dengan lada hitam. Namun jangan berlebihan menggunakan lada hitam.  Sejumlah penderita asam lambung sensitif dengan lada dan asupan pedas lainnya. 

Perhatian, konsumsi kunyit berlebihan sampai 1.500 miligram curcumin atau 1,5 sendok teh bubuk kunyit bisa menimbulkan beragam efek samping. Meski ada manfaat kunyit dan madu untuk lambung, ada risiko dan efek samping yang harus Anda perhatikan.

Efek samping

Tips Mudah Atasi Asam Lambung Naik Saat Puasa.

Photo :
  • U-Report

1. Berinteraksi dengan obat hipertensi

Kunyit dapat menurunkan gula darah, menurunkan tekanan darah, dan mengencerkan darah. Oleh sebab itu, hindari konsumsi kunyit jika Anda sedang rutin mengonsumsi obat pengencer darah atau hendak menjalani operasi dalam waktu dekat. Hal ini justru meningkatkan risiko perdarahan.

2. Memperparah gejala penyakit saluran pencernaan

Jangan menggunakan kunyit dan madu untuk lambung dalam jumlah yang berlebihan. Konsumsi kunyit dalam jangka panjang atau dosis tinggi justru bisa meningkatkan risiko gangguan pencernaan, mual, dan diare.

3. Alergi

Konsumsi kunyit dan madu juga bisa memicu reaksi alergi, terutama jika Anda memiliki riwayat alergi bee pollen. Apabila Anda mengalami gatal-gatal, jantung berdebar, atau kesulitan bernapas setelah mengonsumsi kunyit. Anda harus menghentikan penggunaannya. Jika gejala Anda parah, segera periksa ke dokter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya