6 Buah yang Efektif Menurunkan Kadar Asam Urat

Buah semangka.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Aturan makan sangat dianjurkan untuk para penderita asam urat supaya jaringan sendi tetap berfungsi optimal sampai tua nanti. Bukan hanya itu, penyesuaian makanan untuk penderita asam urat juga harus dilakukan untuk mencegah terjadinya serangan nyeri yang dapat mengganggu kegiatan sehari-hari. 

Prof Raymond Tjandrawinata Raih Top 3 Peneliti Bidang Farmasi di Indonesia

Laman Health Line mengatakan, penyebab penyakit asam urat ini adalah pembentukan kristal urat di jaringan tubuh. Kondisi tersebut biasanya terjadi di area sendi dan menghasilkan jenis arthritis yang menyakitkan. Dalam banyak kasus, penyebab asam urat juga dikenal dengan gout atau hiperurisemia yang memang tak diketahui. 

Tapi, dokter meyakini penyakit asam urat ini paling mungkin terjadi lantaran kombinasi dari faktor keturunan, hormonal, dan makanan. Sebab itu, pengaturan makanan diperlukan untuk mengendalikan penyakit asam urat. Salah satunya adalah memilih buah untuk mengobati asam urat, berikut ulasan selengkapnya yang dirangkum dari berbagai sumber. 

Celine Dion Ungkap Penyakit Langka yang Dideritanya: "Saya Berharap Ada Keajaiban"

1. Buah Ceri

Buah Ceri

Photo :
  • everydayhealth
Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Buah ceri mengandung antosianin, yaitu pigmen berwarna merah-ungu yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi. Adapun kandungan itu terbukti bisa menurunkan kadar asam urat, meredakan nyeri sendi, dan mengurangi risiko terjadinya serangan asam urat. Efektivitasnya akan meningkat jika dikonsumsi dengan obat allopurinol atau colchicine. 

Menyadur dari Kidney Atlas, sejumlah penelitian memperlihatkan keefektifan buah ceri dalam mengobati asam urat. Sebuah penelitian memperlihatkan, partisipan yang mengonsumsi 10-12 ceri, baik buah segar maupun ekstrak buah termasuk jus, sampai tiga kali sehari, mengalami penurunan serangan asam urat sampai 35 persen. 

2. Semangka

Ilustrasi semangka.

Photo :
  • U-Report

Menyadur dari buku Terapi Jus untuk Rematik & Asam Urat (2008) air yang banyak dikandung semangka bisa berfungsi meluruhkan asam urat yang berlebih dalam tubuh. Semangka yang mempunyai sifat diuretik alami akan merontokkan asam tersebut dan memperbaiki kandungan darah. 

Untuk mengobati asam urat, buah semangka dapat dikonsumsi dengan cara dibuat jus kemudian diminum secara teratur dua kali sehari. Sebagai caranya, kamu lebih baik mengonsumsi semangka yang daging buahnya berwarna merah ketimbang yang kuning karena mengandung likopen lebih tinggi, likopen termasuk keluarga antioksiden.

3. Pisang

Pisang

Photo :
  • Eat This

Pisang juga bisa dijadikan buah pilihan untuk dikonsumsi penderita asam urat. Sebab, pisang mengandung kalium yang tinggi yang bisa mencegah pembentukan kristal asam urat dalam tubuh. Selain itu, jika kristal asam urat sudah terbentuk, kalium isa mencegah pengerasan kristal itu sehingga akan lebih mudah dikeluarkan oleh ginjal. 

4. Stroberi

#stroberi

Photo :
  • U-Report

Satu cangkir potongan stroberi dapat menyediakan 89 mg vitamin C atau bisa mencukupi kebutuhan vitamin C harian hingga 99 persen. Kandungan vitamin C dalam stroberi ini dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan untuk menghambat pembentukan asam urat, sehingga bisa menurunkan kadar asam urat. 

Selain itu, stroberi juga mengandung asam pantotenat atau vitamin B5 yang bisa membantu pemecahan asam urat sehingga meningkatkan pengeluarannya lewat urine. 

5. Jeruk

Jeruk bali

Photo :
  • Eat This

Buah jeruk juga mengandung vitamin C dan vitamin B5 bermanfaat untuk melawan penyakit asam urat. Kandungan vitamin C pada buah jeruk bahkan cukup tinggi. Satu buah jeruk berukuran sedang dapat menyediakan 70 mg vitamin C atau sanggup mencukupi kebutuhan Vitamin C harian mencapai 78 persen. 

Kandungan vitamin C ini tentu saja bisa bermanfaat untuk menghambat pembentukan asam urat, sehingga bisa menurunkan kadar asam urat. Sementara itu, kandungan B5 pada jeruk bisa dipakai membantu pemecahan asam urat sehingga meningkatkan pengeluarannya lewat urine.

6. Kersen

Buah kersen

Photo :
  • vstory

Buah kersen atau dengan nama lain Jamaika cherry pun dikatakan bisa menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Sebuah studi eksperimental tahun 2013 yang dilakukan pada mencit atau tikus kecil telah membuktikan manfaat buah kersen untuk mengatasi asam urat.

Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa pemberian buah kersen dalam bentuk jus bisa memengaruhi penurunan kadar asam urat darah. Meski penurunan ini tidak ditetapkan memakai allopurinol. Tapi, pada penelitian lainnya, pemberian jus buah kersen selama 8 hari justru disebut tak memengaruhi kadar asam urat seseorang.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya