Penglihatan Tiba-tiba Kabur di Pagi Hari, Hati-hati Stroke Mata

Ilustrasi Mata
Sumber :
  • pixabay

VIVA Lifestyle – Stroke mata mungkin jarang didengar masyarakat. Namun stroke mata perlu diwaspadai sebab berbahaya jika tidak ditangani dengan baik. Oklusi arteri retina atau stroke mata terjadi karena kurangnya aliran darah yang cukup ke jaringan yang terletak di bagian depan saraf optik.

Kasus Siswa SD Terancam Buta karena Gagang Sapu di Jombang, Guru Jadi Tersangka

Kondisi ini berbahaya tetapi dapat diobati jika didiagnosis lebih awal. Namun, Harvard Health memperingatkan, itu mungkin menandakan risiko stroke yang lebih serius. Scroll lebih lanjut ya.

Penyumbatan ini dapat menyebabkan perubahan penglihatan secara tiba-tiba seperti kabur, area gelap, atau bayangan. Tanda penting lainnya adalah ketika stroke mata terjadi, hampir selalu terjadi hanya pada salah satu mata.

Misteri Kematian Satpam di Agam Tanpa Kedua Bola Mata, Saksi Ungkap Ini

Sesuai data, penglihatan kembali 80 persen dari waktu jika terjadi penyumbatan yang kurang serius di arteri yang lebih kecil. Namun, jika pengobatan ditunda, dapat menimbulkan konsekuensi yang mengerikan bagi penglihatan karena kurangnya aliran darah ke jaringan yang terletak di bagian depan saraf optik.

Sambung Bulu Mata Wanita Ini Malah Kehilangan Penglihatan, Kok Bisa?

Ketika saraf optik benar-benar terputus dari suplai nutrisi dan oksigen, yang dapat merusak jaringan saraf, sehingga dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

Tanda-tanda yang perlu diwaspadai terkait stroke mata. Menurut situs web Universitas Penn, kebanyakan orang dengan stroke mata mengalami kehilangan penglihatan di satu mata saat bangun di pagi hari. Kehilangan penglihatan ini dikaitkan dengan tidak ada rasa sakit.

Mengenai kehilangan penglihatan seperti apa, situs web menjelaskan bahwa beberapa orang memperhatikan area gelap atau bayangan dalam penglihatan mereka yang memengaruhi bagian atas atau bawah bidang visual mereka. Gejala lain termasuk hilangnya kontras visual serta sensitivitas cahaya.

Ilustrasi mata.

Photo :
  • Pixabay/ ShaunNameNotTaken

Menurut Penn Medicine, orang yang memiliki penyakit kardiovaskular yang signifikan dan juga mengonsumsi obat Viagra lebih berisiko terkena penyakit tersebut, meskipun kaitannya belum dipahami dengan baik. Bentuk cakram optik Anda juga dapat menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi untuk kondisi tersebut.

Serabut saraf yang berjalan ke otak dan menuruni saraf optik harus masuk ke mata melalui lubang yang dikenal sebagai foramen optik. Jika foramen seseorang lebih kecil dari rata-rata, hal ini dapat menyebabkan saraf optik menjadi sesak.

Diagnosis cepat untuk pemulihan yang berhasil

Orang yang mengalami kehilangan penglihatan secara tiba-tiba harus segera menemui ahli kesehatan. Idealnya, stroke mata harus didiagnosis dalam waktu empat jam untuk mengeluarkan bekuan darah dengan memijat mata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya