5 Rekomendasi Olahraga yang Dilakukan Jelang Buka Puasa

Ilustrasi Olahraga
Sumber :
  • Canva

VIVA Lifestyle – Berpuasa tentunya bukan berarti hanya berdiam diri dan bermalas-malasan sambil menunggu waktu berbuka. Saat berpuasa seharusnya tetap melakukan aktivitas seperti biasa, termasuk juga olahraga.

Lakukan Pola Hidup Sehat Ini Selama Puasa Ramadhan

Olahraga saat berpuasa dapat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Tapi tentunya tidak semua jenis olahraga bisa dilakukan dan harus memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk berolahraga.

Sebelum berbuka puasa adalah salah satu waktu yang direkomendasikan untuk berolahraga. Berikut 5 jenis rekomendasi olahraga dari VIVA yang bisa kamu lakukan menjelang buka puas:

Lagi Ngetren Nih, Karaoke Bisa Turunkan Berat Badan

1. Yoga

Ilustrasi Yoga

Photo :
  • Pixabay.com
5 Olahraga Ini Bisa Turunkan Berat Badan dengan Instan

Yoga tidak hanya membakar kalori dan membugarkan melainkan juga memberikan efek relaksasi atau ketenangan. Rutin melakukan olahraga ini akan membuat diri merasa nyaman dan tenang selama berpuasa.

2. Bersepeda

Ilustrasi bersepeda/olahraga.

Photo :
  • Freepik/freepik

Bersepeda selama 30-45 menit jelang berbuka puasa dapat menjaga tubuh tetap bugar. Minum ringan setiap hari bisa membakar sekitar 300 sampai 350 kalori pada tubuh.

3. Jalan Kaki

Ilustrasi jalan kaki 20 menit.

Photo :
  • U-Report

Salah satu olahraga yang bisa dilakukan menjelang berbuka puasa adalah berjalan kaki. Manfaatkan aktivitas tertentu untuk melakukan jalan kaki, seperti membeli makanan untuk berbuka puasa atau sekedar ngabuburit yang jaraknya dekat dari rumah.

4. Joging

Menjaga kesehatan dengan joging (foto ilustrasi).

Photo :

Jogging atau lari-lari kecil ternyata baik dilakukan meski sedang berpuasa. Berbeda dengan berlari sprint, jogging tidak akan menghabiskan banyak tenaga, sehingga tidak akan merasa kelelahan.

Namun, tetap perlu menjaga intensitas dan durasi jogging yang dilakukan setiap hari, agar tubuh tidak rentan terkena dehidrasi. Durasi terbaik untuk melakukan olahraga sebelum berbuka puasa adalah selama 20 sampai 30 menit.

5. Treadmill

Ilustrasi olahraga treadmill

Photo :
  • Pixabay/provideos

Alat olahraga ini memang sangat membantu jika tak punya cukup waktu untuk berolahraga di luar rumah. Berlari-lari kecil di atas treadmill dengan kecepatan konstan selama 20 hingga 30 menit sebelum berbuka puasa akan membuat tubuhmu senantiasa sehat dan bugar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya