3 Manfaat Nonton Film Horor, Salah Satunya Ampuh Bakar Kalori

Wanita sedih saat dilarang menikah lelaki pilihannya.
Sumber :
  • Pixabay/Anemone123

VIVA – Film horor mungkin bisa membuat mereka yang menontonnya mengalami mimpi buruk di malam hari hingga berimajinasi akan kehadiran makhluk halus. Namun, di sisi lain, menonton film horor ternyata punya manfaat kesehatan tersendiri, lho.

Perjuangan Devano Danendra Bintangi Film Malam Pencabut Nyawa, Sampai Lakukan Hal Ini

Tak percaya? Berikut ini lima di antaranya, seperti dilansir dari laman Times of India, Selasa, 24 Juli 2018.

1. Membakar kalori

Nayla Purnama Jadi Peran Utama di Film Horor Vina: Sebelum 7 Hari, Diangkat dari Kisah Nyata Viral

Sebuah studi yang pernah dilakukan tahun 2012 lalu di University of Westminster di Inggris meminta 10 orang menonton film horor yang berbeda-beda. Detak jantung, pengeluaran karbon dioksida dan asupan oksigen mereka dimonitor selama mereka menonton film.

Hasilnya, orang yang menonton film yang paling menyeramkan ketakutan hingga beberapa kali melompat dari kursi, yang kemudian memicu pembakaran kalori sebanyak 184.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Jumlah tersebut sama dengan kalori yang dibakar orang dengan berat badan 63,5 kilogram saat ia berjalan selama 40 menit.

Menonton film horor bisa membakar kalori karena hormon pemicu stres yang mengakibatkan tubuh mengeluarkan hormon adrenalin, sehingga jantung berdebar-debar dan menguras energi.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Studi lain yang pernah dipublikasikan di dalam Journal Stress mengungkap bahwa menonton film horor juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam jangka waktu pendek. Itu terjadi karena menonton film seram bisa meningkatkan sirkulasi darah dan produksi sel darah putih sehingga membantu melawan infeksi virus, kuman atau bakteri.

3. Memperbaiki suasana hati

Peneliti mengatakan bahwa perilisan stimulan negatif mampu meningkatkan suasana hati secara signifikan. Orang cenderung mengalami tingkat kecemasan dan frustrasi yang menurun, serta lebih bahagia setelah menonton film horor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya