5 Tes Kesehatan Penting Dilakukan Wanita Usia 30-an

Ilustrasi wanita/sweater.
Sumber :
  • Freepik/cookie_studio

VIVA Lifestyle – Saat wanita masuk ke usia 30-an, tubuhnya akan mulai mengalami turbulensi perubahan hormonal. Mereka jadi lebih rentan terhadap beragam penyakit. Karenanya, agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit, wanita di atas usia 30 tahun harus menjalani lima tes kesehatan penting ini.

Arab Saudi Gandeng Bill Gates Berikan Vaksin Polio pada Jemaah Haji

Skrining jantung

Dikutip dari laman Times of India, dokter obgyn, Dr. Jasmin Rath mengatakan, seringkali wanita mengalami detak jantung yang cepat, kelelahan kronik dan kecemasan tinggi, namun mengabaikan semua gejala masalah kardiovaskular dengan sangat mudah. Tidak banyak yang tahu bahwa ini bisa menjadi tanda mengenai kondisi jantung mereka.

Gelombang Cuaca Luar Biasa Panas Melanda Asia Selatan dan Tenggara

Ilustrasi dokter/suster.

Photo :
  • Pixabay/voltamax

Skrining diabetes

Imbas Gempa Garut, Rumah Warga hingga Rumah Sakit Rusak

Penting bagi wanita di atas usia 30 tahun menjaga dan memeriksa rutin kadar gula darah mereka. Diabetes bisa diperiksa melalui berbagai tes seperti tes gula darah puasa atau tes HA1C.

Mamografi

Tes ini adalah salah satu tes paling penting bagi wanita di atas 30 tahun. Mamografi merupakan skrining payudara melalui foto X-ray untuk melihat gejala atau temuan tidak biasa seperti benjolan.

Pap smear

Dokter Rath mengatakan, insiden kanker serviks pada wanita meningkat cepat, sehingga penting bagi wanita berusia di atas 30 tahun mengambil langkah pencegahan. Salah satu alat vital untuk membantu mengevaluasi kanker serviks pada wanita adalah tes Pap smear yang mendeteksi sel abnormal pada serviks sebelum berubah menjadi kanker.

Ilustrasi kanker serviks.

Photo :
  • iStockphoto.

Tes tiroid

Melakukan tes fungsi tiroid bisa membantu wanita menjaga kesehatan dan memastikan mereka mendapat penanganan yang mereka butuhkan untuk mejaga fungsi optimal tiroid mereka.

RS Premier Jatinegara (RSPJ) merayakan hari berdirinya yang ke-34 tahun pada 25 Maret 2023. Mengusung tema Excellent Care to Enhance Life yang berarti bahwa perawatan kesehatan yang baik bukan hanya menyembuhkan tetapi juga dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Dengan filosofi ini RSPJ yang kini memiliki empat layanan unggulan yaitu Neuro Center (Stroke Unit), Digestive Center, Cardiac Center dan Urology Center, kini siap meluncurkan layanan terbarunya yaitu, Minimal Invasive Surgical Center serta klinik mata Eyecentric pada April mendatang. RSPJ juga sedang merencanakan untuk melakukan pengembangan layanan THT yang akan diluncurkan pada tahun 2024.

RSPJ telah mengabadikan perayaan ini dengan 34 momen perjalanan menuju perayaan hari jadinya dari berbagai kegiatan internal maupun eksternal antara lain, CSR gempa Cianjur, meluncurkan program keanggotaan bagi pasien anak yaitu Jatty Club, mengadakan pekan vaksinasi dunia berkolaborasi dengan walikota Jakarta Timur, dalam rangka road to 34th anniversary, RSPJ melakukan kegiatan turnamen persahabatan dengan rekanan, “Family Run dan Zumba Party” di Eco Park, Ancol, nonton bareng Mandiri Inhealth, seminar Hari Kartini dengan tim RSPJ dan komunitas, seminar Komite Medis, pelatihan simulasi drill tim IKO dan ICU, dan berbagai lomba antar karyawan, pemberian apresiasi pada para dokter senior dan lainnya. Pada tahun 2023 ini RSPJ juga telah kembali berhasil mendapatkan akreditasi Rumah Sakit Nasional dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dan juga internasional dari Joint Commission International (JCI) dengan hasil sangat memuaskan.

Dr. Susan Ananda, MARS selaku CEO dari RSPJ mengatakan “kami sangat bersyukur dapat kembali merayakan ulangtahun RSPJ yang ke-34. Bersyukur bahwa kami bukan saja masih berkesempatan untuk berkontribusi dalam memberikan pelayanan di dunia kesehatan Indonesia, tapi kami juga bersyukur bahwa dalam 34 tahun melayani kami masih dapat berkembang memberikan inovasi-inovasi dalam bidang pelayanan kesehatan yang dipercaya oleh masyarakat Indonesia. RSPJ akan terus berupaya untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi, dengan terus melakukan berbagai terobosan serta inovasi-inovasi. Tentu kami berharap kontribusi kami dapat memberi andil dalam memajukan fasilitas dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.”

“Excellent Care to Enhance Life, tema perayaan tahun ini memiliki makna yang sangat dalam. Tema ini menggambarkan bagaimana pelayanan yang kami berikan memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kualitas hidup seseorang. Memberikan pelayanan kesehatan yang aman dan berkualitas bukanlah hal yang kecil tetapi RSPJ telah berhasil melakukan hal ini selama 34 tahun dan tentunya ini merupakan prestasi yang patut kita banggakan”, kata Peter Hong, Group Chief Operating Officer, Ramsay Sime Darby Health Care Group. Tim manajemen rumah sakit, seluruh staf dan dokter telah menunjukkan dedikasi dan komitmennya untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat Indonesia. Kita harus terus bekerja sama untuk mengangkat RSPJ ke tingkat yang lebih tinggi lagi,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya