Waspada Penyakit Pasca Lebaran, Dinkes Tangerang Imbau Warga Cek Gula Darah

Cek kesehatan
Sumber :
  • VIVA/ Sherly/ Tangerang

VIVA Lifestyle – Dinas Kesehatan Kota Tangerang mengimbau agar masyarakat melakukan pengecekan gula darah usai melakukan aktifitas lebaran. Cek kesehatan ini sangat dianjurkan lantaran kudapan yang dihidangkan di momen Hari Raya Idul Fitri seperti opor ayam, rendang, semur daging, hingga kue kering dapat menimbulkan beberapa resiko penyakit jika dikonsumsi berlebihan atau terlalu sering.

Baru Kenalan Malam Takbiran, Gadis SMP di Mojokerto Diperkosa

Kepala Dinas Kesehatan, Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni mengatakan, ada baiknya masyarakat segera memeriksa kesehatan, seperti cek gula darah yang digelar secara gratis di layanan kesehatan di Puskesmas Kota Tangerang.

"Ada 38 Puskesmas yang siap melayani kesehatan masyarakat, terutama untuk cek gula darah gratis. Hal ini setidaknya dilakukan masyarakat untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit pasca Lebaran, terutama komorbid," katanya, Kamis, 27 April 2023.

Pelindo Layani 2,26 Juta Orang Selama Periode Mudik Lebaran 2024

Cek kesehatan

Photo :
  • VIVA/ Sherly/ Tangerang

Lanjut dia, cek gula darah, cek kolesterol dan cek asam urat dapat membantu kita mengetahui kondisi kesehatan dan mengendalikan diabetes. Tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan kesehatan yang berhubungan dengan kolesterol, gula darah maupun tekanan darah. 

Dompet Porak Poranda Pasca Lebaran, Begini Taktik Perbaikinya

"Dengan mengetahui hasil pemeriksaan, tentunya kamu bisa mencegah penyakit yang dialami semakin memburuk dengan pengobatan yang tepat oleh dokter. Jadi, lebih baik mengetahui diawal atau mencegah, dari pada mengobatin sesuatu yang sudah memburuk," ujarnya.

Usai medical chek up, masyarakat juga bisa melakukan beberapa hal untuk menjaga agar tubuh tetap sehat setelah Lebaran. Di antaranya, tidak makan berlebihan dan memperhatikan jumlah asupan yang dikonsumsi. Minum air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Batasi asupan makanan berlemak ataupun berminyak, termasuk gorengan.

"Ini yang sedikit sulit dilakukan banyak orang, yaitu aktif bergerak dan melakukan olahraga ringan minimal 15 menit sehari. Tapi ada baiknya, lakukan sedikit olahraga di rumah, untuk kesehatan  dan kebugaran kita. Sehingga, badan siap untuk kembali beraktvitas seperti sebelum Lebaran atau puasa," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya